YABN Adaro Kunjungi UMKM Banjarmasin

STUDI BANDING - Para pelaku UMKM Kabupaten Balangan
dan Tabalong di bawah binaan YABN PT Adaro Indonesia
berkunjung ke rumah produksi UMKM di Banjarmasin, Kamis (16/4).
BANJARMASIN – Para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) bersama rombongan pemuda Karang Taruna dari Kabupaten Tabalong dan Balangan berkunjung ke Banjarmasin, kemarin (16/4). Tujuan mereka ke Banjarmasin adalah untuk menimba ilmu dan melakukan studi banding mengenai UMKM. Kegiatan merek difasilitasi oleh Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) dengan mengunjungi sejumlah pelaku UMKM di Banjarmasin.
    Person in Charge (PiC) Bidang Sosial Bidaya YABN PT Adaro Indonesia, H Akhmad Ayadi menuturkan kegiatan kunjungan tersebut untuk membuka wawasan para pelaku UMKM dan pemuda karang taruna Kabupaten Tabalong dan Balangan terkait bidang usaha kecil. ”Kami ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai aktivitas produksi para pelaku UMKM di Banjarmasin. Karena, sebagaimana diketahui, geliat UMKM di Banjarmasin sangat signifikan dan menjadi acuan bagi daerah lain di Kalsel,” ungkap Akhmad.

    Akhmad menjelaskan sebelumnya pihaknya juga sudah melakukan kegiatan pelatihan UMKM baik di Kabupaten Tabalong maupun di Kabupaten Balangan. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan pelatihan tersebut, maka diagendakan kunjungan ke Banjarmasin. ”Kami juga menggandeng Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil (Hipmikindo) Kalsel untuk memandu kami ke sejumlah pelaku UMKM. Diantaranya ke UMKM Telur Asin Annida, Sambal Acan Raja Banjar, dan perajin keripik buah,” urainya.
    Akhmad berharap lewat kegiatan studi banding kunjungan ke Banjarmasin itu, para pemuda dan pelaku UMKM binaan YABN PT Adaro Indonesia bisa semakin kreatif. ”Sehingga, ke depan mereka bisa sukses menghasilkan produk UMKM yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi. Selain itu, ke depan tidak menutup kemungkinan kami juga akan melaksanakan kerjasama bidang UMKM dengan Hipmikindo Kalsel,” sambungnya.
    Sementara itu, perwakilan pengurus Hipmikindo Kalsel, Yeni Mulyani menyatakan apresiasinya kepada YABN PT Adaro Indonesia. ”Kami senang dikunjungi teman-teman dari Tabalong dan Balangan. Diharapkan, kami bisa saling berbagi ilmu dan kerjasama bisnis di bidang UMKM,” tandasnya.(oza)