Target 100 Desa Wirausaha

SUKSES - Ketua Hipmi Kabupaten Tabalong, Zulrifan Noor
berfoto bersama para peserta pelatihan desa wirausaha.
BANJARMASIN – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Tabalong kembali melaksanakan program untuk menularkan virus wirausaha. Kali ini sasarannya adalah masyarakat desa yang ada di Kabupaten Tabalong. Melalui kegiatan pelatihan wirausaha tersebut, Hipmi Kabupaten Tabalong ingin mencetuskan program 100 Desa wirausaha dan melek teknologi.


Kegiatan pelatihan wirausaha oleh Hipmi Tabalong tersebut dimulai dengan pendidikan kursus komputer gratis dan kewirausahaan di dua desa, yaitu di Desa Nawin dan Saradang di Kecamatan Haruai. Ketua BPC Hipmi Kabupaten Tabalong, Zulrifan Noor menjelaskan dua desa ini akan menjadi pionir untuk desa-desa lainnya yang juga akan menjalankan program serupa. ”Diharapkan dengan program pelatihan kewirausahaan di desa-desa ini kelak dapat lahir para entrepreneur-entrepreneur baru yang dapat menjadi relawan untuk mencapai target 100 desa wirausaha,” ungkap pria yang akrab disapa Rifan ini kepada Radar Banjarmasin, belum lama tadi.

Dalam kegiatan pelatihan kewirausahaan tersebut BPC Hipmi Kabupaten Tabalong mendonasikan lima unit komputer untuk keperluan kursus, sejumlah uang tunai, dan juga mengerahkan anggotanya yang sudah sukses di bidang usahanya masing-masing untuk berbagi ilmu dan pengalaman kewirausahaan dengan warga desa. ”Kami juga menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak dalam kegiatan pelatihan kewirausahaan ini. Diantaranya adalah adalah Perpustakaan Daerah Kabupaten Tabalong, Komunitas JikaMaka, serta lurah setempat,” sebutnya. .

Ke depan, Rifan merencanakan kegiatan ini akan kembali dilaksanakan. Diharapkan nantinya program ini juga didukung penuh oleh pemerintah Tabalong. Terutama untuk akses permodalan bagi para calon pengusaha yang lahir dari program ini. “Mengingat kegiatan ini sejalan dengan visi pemerintahan daerah Tabalong yakni untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas,” tandasnya.(oza)