Kamera Petualang Disukai Komunitas

Kamera Go Pro
BANJARMASIN – Bursa bisnis penjualan kamera di Kalsel semakin semarak. Selain kamera digital, DLSR, maupun kamera mirrorless, sejumlah toko kamera di Banjarmasin juga menjual aneka kamera khusus untuk keperluan berpetualang. Salah satu kamera untuk aktivitas petualangan yang paling populer adalah merek Go Pro. Kamera canggih yang tahan banting dan dapat digunakan di berbagai kondisi cuaca ini cukup menarik minat konsumen. Terutama, konsumen dari kalangan komunitas olahraga ekstrim dan pecinta alam.

    Menurut Gusti, Supervisor sebuah toko kamera di Jalan Kuripan Banjarmasin, kamera Go Pro dijual mulai Rp3 jutaan ke atas per unit. ”Untuk kamera Go Pro memang banyak serinya. Diantaranya ada kamera Go Pro Hero 3 dan Go Pro Hero 4, masing-masing dijual senilai Rp3 jutaan ke atas,” ungkap Gusti.
    Dikatakan Gusti, para peminat kamera Go Pro memang dari kalangan komunitas petualangan, olahraga ekstrim, maupun pecinta alam. Diantaranya adalah komunitas pecinta sepeda gunung, pemain skate board, pengendara motor trail, off road, dan para penyelam. “Mereka memerlukan kamera ini untuk kepentingan dokumentasi aktivitas ekstrim yang mereka lakukan. Nah, kamera Go Pro inilah yang bisa mendokumentasikannya, baik berupa foto maupun video,” paparnya.
    Karena tergolong kamera mahal, Gusti mengakui angka penjualan kamera Go Pro tidak sebanyak kamera jenis lain. ”Kira-kira dalam sebulan ada saja yang beli. Bulan lalu, sedikitnya ada lima unit yang dibeli konsumen,” paparnya.
    Keunikan kamera Go Pro juga didukung dengan berbagai aksesorisnya. Antara lain, strap atau sabuk pengikat, tas, tripod, baterai, dan housing. “Rata-rata aksesorisnya dijual mulai Rp250 ribuan hingga Rp1 jutaan,” tandasnya.(oza)