Kamera Mirrorless Makin Diminati

CANGGIH - Gusti menunjukkan salah satu produk
kamera mirrorless yang dijual di tokonya.
BANJARMASIN – Teknologi kamera sekarang semakin canggih dan beragam. Setalah sebelumnya ada kamera professional jenis DLSR, kini sudah muncul kamera jenis baru, yakni kamera mirrorless. Dengan ukuran yang lebih kecil, ringan, dan memiliki fitir-fitur foto yang tak kalah canggih dengan kamera DLSR, kamera mirrorless kini jadi pilihan para fotografer dan pehobi fotografi.
    Menurut Gusti, staf penjualan di sebuah toko kamera di Jalan Kuripan Banjarmasin, kamera mirrorless sekarang memang sedang naik daun. Hal ini dibuktikan dengan semakin tingginya angka penjualan kamera mirrorless di toko yang dijaganya itu. “Bulan lalu bahkan penjualan kamera mirrorless mencapai 10 unit. Di awal April ini sudah ada laku sekitar tiga unit,” ungkap Gusti kepada Radar Banjarmasin, kemarin (8/4).

    Gusti menuturkan untuk kamera mirrorless memang sangat beragam dan dijual dengan harga yang terbilang lebih miring dibandingkan dengan kamera DLSR. Contohnya, untuk satu unit kamera mirrorless merek Fuji spesifikasi paling rendah dijual dengan harga mulai Rp7 jutaan per unit. “Kalau yang lebih canggih lagi ada yang harganya Rp10 jutaan hingga Rp20 jutaan per unit. Biasanya, konsumen banyak beli kamera mirrorless yang tampilannya unik, salah satunya bahkan ada yang berbentuk seperti kamera antik,” tambahnya.
    Dikatakan Gusti, pengguna kamera mirrorless memang kebanyakan dari kalangan pehobi fotografi. Dengan artian, bukan untuk keperluan fotografi professional, karena untuk segmen profesional lebih banyak menggunakan kamera DLSR. ”Tapi, banyak juga fotografer-fotografer profesional di Banjarmasin yang kepincut kamera mirrorless. Tergantung selera dan kesukaan mereka,” paparnya.
    Di sisi lain, penjualan aksesoris kamera juga cenderung stabil. Antara lain seperti lensa, tas kamera, kartu memory, dan tripod kamera juga cukup laris dibeli konsumen. ”Hanya saja, harga kamera dan aksesorisnya berpatokan pada kondisi Dollar. Kalau Dollar naik, otomatis harga juga naik,” tandasnya.(oza)