Bersiap Sambut Investor Uni Eropa

RAPAT KOORDINASI - BPC Hipmi Kota Banjarmasin melakukan
sosialisasi program CITRA untuk menyambut rencana kerjasama
investasi bersama pihak Uni Eropa.
BANJARMASIN - Para pengusaha muda Kota Banjarmasin yang tergabung dalam organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Banjarmasin mulai melakukan persiapan guna menyambut pihak investor dari Uni Eropa. Persiapan ini menyusul rencana penjejakan kerjasama antara para pengusaha muda di Kalsel yang difasilitasi oleh Hipmi Kota Banjarmasin dengan pihak investor asal Uni Eropa yang difasilitasi oleh British Chamber of Commerce in Indonesia (Britcham).


Ketua BPC Hipmi Kota Banjarmasin, H Rahmatul Irfan menyatakan bentuk persiapan tersebut dikemasnya dengan meminta arahan dari sejumlah pihak yang kompeten. Antara lain dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalsel, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalsel, serta Asosiasi pengusaha insan maritim seperti APBMI (Asosiasi Pengusaha Bongar Muat Indonesia) dan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Kalsel.

"Sebagai persiapan, kami membuat program yang dinamakan Citra alias Center of Investment and Trade Advisory. Program ini juga berafiliasi dengan Regional European Development Institute (REDI) untuk memuluskan kerjasama investasi dengan Uni Eropa," ungkap Irfan kepada Radar Banjarmasin.

Irfan menuturkan program rencana kerjasama tersebut nantinya akan membidik sektor-sektor industri andalan di Kalsel, terutama sektor industri kreatif. "Kami ingin memperkenalkan berbagai industri kreatif yang ada di Kalsel. Antara lain kerajinan permata, anyaman, serta berbagai kerajinan lainnya. Karena, berdasarkan pembicaraan kami sebelumnya di Jakarta, pihak Uni Eropa sangat tertarik untuk berinvestasi di bidang industri kreatif tersebut," paparnya.

Dikatakan Irfan, perwakilan dari Uni Eropa akan datang dalam beberapa hari ini ke Banjarmasin. "Sekarang kami sedang mempersiapkan materi presentasi. Mudah-mudahan, hasil presentasi yang kami sampaikan dapat semakin menarik minat pihak investor Uni Eropa tersebut," tandasnya.(oza)