Sediakan Subsidi untuk Pelatihan

TAUFAN AGUS
BANJARMASIN - Kepedulian organisasi dan asosiasi konstruksi dalam membina anggotanya harus dimaksimalkan. Karena, dengan melakukan pembinaan yang maksimal, maka akan meningkatkan potensi dan kinerja para anggotanya. Sebagaimana yang selama ini dilakukan oleh Asosiasi Pekerja Konstruksi Nasional (Aspeknas) Kalsel yang selalu menyediakan anggaran khusus untuk bidang pembinaan.

Ketua Aspeknas Kalsel, Taufan Agus menuturkan anggaran khusus untuk pembinaan tersebut diperoleh dari iuran rutin para anggotanya. "Jadi, dana iuran tersebut kami kumpulkan dan dianggarkan untuk subsidi biaya pelatihan para anggota Aspeknas Kalsel. Sehingga, begitu ada kegiatan pelatihan, kami tinggal menugaskan anggota Aspeknas Kalsel untuk mengikutinya," ungkap pria yang akrab disapa Agus Gondrong ini kepada Radar Banjarmasin di sela-sela kegiatan Kongres Daerah III Aspeknas Kalsel di Banjarbaru, kemarin (11/3).


Agus menuturkan pelatihan di bidang konstruksi sangat penting. Pasalnya, persaingan bisnis konstruksi saat ini semakin ketat. "Tanpa dibekali pelatihan, maka tidak akan memiliki keahlian dan keterampilan konstruksi yang mumpuni. Kalau sudah memiliki kompetensi, pastinya akan semakin mudah menghadapi tantangan bisnis ini," tambahnya.
Apalagi, ke depan Indonesia juga akan dihadapkan dengan era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) 2015. Di mana, Sumber Daya Manusia (SDM) konstruksi dari negara-negara Asia Tenggara bisa masuk dengan bebas ke Indonesia. "Jangan sampai tertinggal, hanya karena SDM konstruksi kita kurang terasah keterampilan, keahlian, dan manajemennya," paparnya.(oza)