Pejabat Publik Harus Jadi Panutan

PANUTAN MASYARAKAT - Para pejabat Kalsel menyerahkan
SPT Tahunan 2014 di Kantor DJP Kalselteng, Selasa (17/3).
BANJARMASIN - Menciptakan gerakan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak harus dilakukan sedini mungkin. Pasalnya, dengan disiplin membayar pajak, maka akan memperlancar pembangunan bangsa dan negara. Selain melalui tindakan pendekatan dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalselteng, gerakan sadar bayar pajak juga harus dicintohkan oleh para pejabat publik. Untuk itu, para pejabat publik diminta untuk menjadi panutan masyarakat agar disiplin dalam membayar pajak.

Kepala DJP Kalselteng, Mekar Satria Utama menuturkan sebenarnya kesadaran masyarakat Kalselteng dalam membayar pajak secara rutin sudah cukup baik. Hanya saja, hal ini harus dipertahankan untuk jangka panjang. "Untuk itu, masyarakat perlu panutan agar senantiasa disiplin dalam membayar pajak. Nah, yang layaj jadi panutan itu adalah para pejabat publik," ungkap Mekar usai acara Hari Panutan Penyampaian SPT Tahunan Pajak 2014 di Kantor DJP Kalselteng, Selasa (17/3).


Mekar menuturkan langkah DJP Kalselteng menjadikan pejabat publik di Kalsel sebagai panutan juga sebagai upaya untuk mendukung pencapaian target penerimaan pajak 2015 sebesar Rp15,6 triliun. "Penyampaian SPT Tahunan oleh para pejabat publik ini dapat mendorong masyarakat Kalsel agar taat melaksanakan kewajiban perpajakannya tepat waktu," harapnya.

Di sisi lain, tahun 2015 ini menjadi pembuktian bagi DJP Kalselteng untuk dapat mencapai target pajak sebesar 59,37 persen lebih banyak dari tahun lalu. "Naiknya target penerimaan pajak ini sebagai imbas dari meningkatnya beban yang harus dipikul untuk memenuhi APBN-P 2015 sebesar Rp1.761 triliun. Di mana pajak menyumbangkan lebih dari 70 persen dari target penerimaan dalam APBN-P tersebut," urainya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan mengimbau kepada para pimpinan daerah di Kalsel dan juga masyarakat Kalsel agar taat bayar pajak. "Dengan taat bayar pajak, artinya peduli dan berpartisipasi terhadap pembaangunan negara," tandasnya.(oza)