Imbau Developer Lakukan Penghijauan


PEDULI LINGKUNGAN - Wakil Bupati Kabupaten Batola, H Makmun
Kaderi bersama PLC dan warga Perumahan Persada Raya melakukan
penanaman 1000 bibit pohon Kulantan, kemarin (8/3).
BANJARMASIN – Semakin berkembangnya kawasan perumahan di Kabupaten Barito Kuala (Batola) tak dipungkiri juga turut memangkas area hutan. Banyak lahan-lahan hutan yang dibuka untuk membangun kawasan perumahan dan menyebabkan populasi pepohonan juga kian berkurang. Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batola mengimbau agar para developer setempat melakukan gerakan penghijauan. Tidak hanya sebagai bentuk kepedulian lingkungan, gerakan penghijauan tersebut juga sebagai upaya untuk menciptakan suasana yang rindang di kawasan perumahan.
            Wakil Bupati Kabupaten Batola, H Makmun Kaderi menuturkan penghijauan sebenarnya tidak hanya di kawasan yang sebelumnya merupakan hutan. Namun, bisa juga di kawasan perumahan yang padat penduduknya. ”Dengan melakukan penghijauan di kawasan perumahan, tentunya pemandangan akan lebih asri. Suasana perumahan juga akan semakin sejuk apabila di lingkungan sekitar ditanami pepohonan,” ungkap Makmun kala melakukan penanaman 1000 bibit pohon Kulantan di kawasan perumahan Persada Raya, Desa Semangat Dalam, kemarin (8/3).

            Makmun menyarakan agar gerakan penghijauan tersebut dimulai oleh para developer. Pasalnya, para developer perumahan mengetahui dengan rinci di sudut-sudut mana yang bisa ditanami bibit pohon. ”Misalnya, di setiap jalan masuk gang, di depan rumah, atau di kawasan lainnya. Dengan melakukan penghijauan, artinya developer tidak sekadar bisnis, dengan kata lain ada kepedulian terhadap lingkungan terutama dalam menciptakan ruang terbuka hijau di kawasan perumahan,” paparnya.
            Sementara itu, pihak developer perumahan Persada Raya, Hamdi mengapresiasi imbauan dari Wakil Bupati Batola tersebut. Bahkan, sebagai tindak lanjut program penghijauan di kawasan perumahan tersebut, Hamdi membentuk Persada Lover Community (PLC), sebuah LSM pecinta lingkungan dan penghijauan. ”Sebagai program awal, kami melakukan kegiatan penghijauan dengan menanam 1000 bibit pohon Kulantan di perumahan ini. Diharapkan, dengan melakukan penghijauan, komplek kami semakin sejuk,” paparnya.
            Ke depan, Ketua PLC ini juga mengajak para developer lain di Kabupaten Batola agar sama-sama mendukung program penghijauan tersebut. “Sebenarnya ini sudah menjadi tanggung jawab para developer untuk menciptakan lingkungan yang asri dan hijau di kawasan perumahan,” tandasnya.(oza)