Terapkan Kurikulum KTSM di SMK

SIMBOLIS – PT Trio Motor mendukung penerapan KTSM
di SMK dengan menyerahkan bantuan berupa sepeda motor
dan special tools.
BANJARMASIN – Sebagai sekolah yang memfokuskan anak didiknya agar langsung siap kerja, SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) semakin memperkuat berbagai kurikulum pelajaran yang diajarkan. Tak hanya mata pelajaran umum, SMK kini juga memperluas jabaran pelajaran yang berkaitan dengan teknik, terutama yang berkaitan dengan mesin sepeda motor yang disebut dengan KTSM (Kurikulum Teknik Sepeda Motor).
    Adanya penerapan KTSM di SMK, menarik perhatian diler-diler kendaraan roda dua yang ada di Kalsel. Diler-diler roda dua tersebut memberikan dukungan penuh penerapan KTSM di SMK. “Saya rasa KTSM sangat penting diajarkan di SMK. Sehingga, para murid SMK bisa semakin memahami seluk beluk teknologi mesin sepeda motor. Sehingga, ke depan para lulusan SMK yang dibekali ilmu KTSM bisa memiliki keahlian untuk bekerja sebagai mekanik roda dua atau setidaknya bisa membuka bengkel sendiri,” ungkap Antonius Silitonga, General Manager Marketing PT Trio Motor (main dealer motor Honda Kalselteng).

    Khusus untuk mendukung program penerapan KTSM tersebut, Antonius menuturkan PT Trio Motor sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah SMK di Kalsel dan Kalteng. “Sedikitnya ada 13 SMK di Kalselteng yang telah menjalin kerjasama dengan PT Trio Motor untuk penerapan KTSM tersebut. Dalam hal ini, PT Trio Motor memberikan dukungan dengan fasilitas perlengkapan dan peralatan kepada sejumlah SMK yang telah menjalin kerjasama,” urainya.
    Sementara itu, Yohannes Santoso, selaku Perwakilan Technical Service Department PT Astra Honda Motor (AHM) menuturkan kerjasama penerapan KTSM di SMK menjadi langkah awal untuk memunculkan mekanik-mekanik andal di Indonesia. “Sebagaimana diketahui, teknologi sepeda motor kini semakin berkembang. Dengan adanya KTSM yang diajarkan di SMK, maka tingkat pengetahuan anak-anak SMK akan teknologi terbaru kendaraan bermotor akan semakin meningkat,” urainya.
    Sebagai bentuk kerjasama penerapan KTSM di SMK, PT Trio Motor menyerahkan bantuan berupa tiga unit sepeda motor dan enam paket special tools. Untuk bantuan sepeda motor diserahkan masing-masing kepada SMKN 1 Gambut, SMKN 1 Tapin Selatan, dan SMKN Muhammadiyah 3 Banjarmasin. Sedangkan bantuan special tools diberikan kepada SMKN 1 Sungai Tabuk, SMKN 1 Daha Selatan, MAN 2 Model Banjarmasin, SMKN 1 Palangkaraya, SMK Karsa Mulia Palangkaraya, dan SMKN 2 Sampit.(oza)