Dorong Pertumbuhan Pengusaha Wanita

APRESIASI – Para pengusaha wanita yang memperoleh 
penghargaan dari BPC Hipmi Kota Banjarmasin.

BANJARMASIN – Berbisnis kini bukan hanya milik kaum Adam. Buktinya, banyak kaum Hawa yang kini muncul sebagai wirausaha atau pebisnis yang sukses. Tak terkecuali di Banjarmasin, para pengusaha wanita semakin lama semakin banyak bermunculan. Supaya bisa tetap eksis, para pengusaha wanita tersebut layak diberikan motivasi. Sehingga, di masa mendatang dapat turut memberikan kontribusi ekonomi kepada daerah layaknya para pengusaha lain yang selama ini didominasi oleh para pengusaha pria.
    “Para pengusaha wanita harus mampu memberikan motivasi dan dorongan kepada para wanita lainnya agar juga bisa menjadi pengusaha. Caranya, dengan menjadi inspirasi dan teladan bagi para wanita. Walaupun tugas rumah tangga merupakan tugas utama, tidak disalahkan bagi wanita untuk terjun ke dunia bisnis,” ungkap Rina di sela-sela penyerahan penghargaan bagi para pengusaha wanita leh BPC Hipmi Kota Banjarmasin, belum lama tadi.

    Rina menuturkan saat ini sangat mudah bagi para wanita untuk terjun ke dunia bisnis. “Tidak perlu bermodal besar. Yang penting memiliki kemauan keras untuk bekerja keras dan bergaul dengan orang banyak. Apalagi, sekarang sudah banyak organisasi-organisasi berbasis ekonomi yang juga menerima kaum wanita sebagai anggota. Tentunya, akan semakin mudah memahami dunia bisnis ketika bergabung dengan organisasi tersebut,” ungkap wanita yang aktif dalam organisasi Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kota Banjarmasin dan Hipmi Kota Banjarmasin tersebut.
    Hal senada juga diungkapkan oleh Vera Frial. Wanita yang memiliki bisnis di bidang penjualan alat peraga pendidikan tersebut mendukung apabila para wanita di Kalsel juga terjun ke dunia bisnis. “Tentunya, selain dari kalangan pengusaha sendiri, pemerintah juga harus aktif untuk membuat program yang bertujuan mendorong pertumbuhan para pengusaha-pengusaha wanita. Misalnya, dengan membantu di bidang pembinaan atau permodalan kepada para calon pengusaha wanita yang masih pemula,” paparnya.
    Sementara itu, Bendahara Umum BPC Hipmi Kota Banjarmasin, Deddy Subiantoro tak menampik para pengusaha wanita sekarang semakin banyak bermunculan. “Tidak bisa dipungkiri, para pengusaha wanita juga layak diperhitungkan. Buktinya, di Hipmi Kota Banjarmasin juga banyak para pengusaha wanita yang bergabung sebagai pengurus atau anggota. Hal itulah yang mendorong Hipmi Kota Banjarmasin memberikan award atau penghargaan kepada mereka,” tandasnya.(oza)