Bantu Pendataan UMKM Balangan

FOTO BARENG - BPC Hipmi Balangan membantu mendata
para pelaku UMKM di Balangan untuk memudahkan pembinaan. 

BANJARMASIN – Keseriusan Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC Hipmi) Kabupaten Balangan untuk membantu eksistensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sudah mulai digulirkan. Sebagai langkah awal, BPC Hipmi Kabupaten Batola telah melakukan pendataan terhadap unit-unit UMKM yang ada di Kabupaten Batola.
            Menurut Ketua BPC Hipmi Kabupaten Batola, Rahmadi, pendataan UMKM tersebut sangat penting. ”Pendataan ini kami lakukan untuk
menggali informasi di lapangan terkait keberadaan dan aktivitas UMKM yang ada di Kabupaten Balangan. Karena, sebagaimana diketahui geliat UMKM di Balangan selama ini sebenarnya cukup aktif, namun jarang diketahui lantaran tidak didata secara rinci,” ungkap Rahmadi kepada Radar Banjarmasin, kemarin (9/2).
            Rahmadi menuturkan pendataan tersebut juga bertujuan untuk menentukan langkah lanjutan bagi BPC Hipmi Kabupaten Balangan dalam hal pembinaan UMKM. “Setelah diperoleh data yang valid dan rinci, tentunya akan semakin memudahkan bagi Hipmi Balangan, Pemkab Balangan, atau pihak-pihak lain yang ingin memberikan pembinaan kepada para pelaku UMKM tersebut. Selain itu, juga bisa memudahkan pihak perbankan apabila ingin membantu menyalurkan fasilitas permodalan kepada para pelaku UMKM di Balangan,” sambungnya.
            Dikatakan Rahmadi, dari kegiatan pendataan UMKM tersebut, ada 20 UMKM terbaik yang dipilih oleh BPC Hipmi Kabupaten Balangan. ”Ke-20 UMKM tersebut kami jadikan sebagai UMKM percontohan di Kabupaten Balangan. BPC Hipmi Balangan akan mendampingi para pelaku UMKM tersebut agar bisa meningkatkan kinerja dan kualitas produknya. Sehingga, bisa menjadi inspirasi bagi UMKM lainnya,” paparnya.
            Terkait materi pendampingan kepada UMKM percontohan di Balangan, Rahmadi telah menentukan sejumlah indikator pembinaan. ”Diantaranya, manajerial, kualitas produk, dan kemampuan pemasaran atau market,” tandasnya.(oza)