UMKM Jabar Layak Diteladani

TERKESAN – Ketua BPC Hipmi Tala, Rio Al Azwar menyempatkan
diri memantau aneka produk UMKM Jabar di sela-sela kegiatan Munas
Hipmi XV di Bandung, baru-baru tadi. 
BANJARMASIN – Partisipasi dalam Gelaran Musyawarah Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Munas Hipmi) XV 2015 di Bandung, Jawa Barat tak disia-siakan oleh Ketua Umum BPC Hipmi Kabupaten Tanah Laut, Rio Al Azwar. Dalam kesempatan itu, Rio sekaligus memantau produk-produk industri kreatif dan UMKM di Jabar (Jawa Barat). Dari hasil pantauannya, produk UMKM di Jabar layak diteladani dan tidak menutup kemungkinan juga bisa diproduksi oleh para pelaku UMKM lokal di Kabupaten Tala.

    Menurut Rio, kreatifitas para pelaku UMKM Jabar menjadi kunci agar produk-produk yang mereka hasilkan bisa memiliki daya jual tinggi. “Sebenarnya yang mereka produksi itu sederhana saja. Namun, harus diakui secara pengemasan, tampilan, dan strategi penjualan mereka memang lebih baik. Makanya, produk UMKM asal Jabar bisa tembus ke pasar nasional dan internasional,” ungkap Rio kala dihubungi Radar Banjarmasin via ponsel, kemarin (15/1).
    Rio menuturkan dalam pengemasan produk, para pelaku UMKM Jabar memang melakukannya dengan sangat rapi dan teratur. Sehingga, tampilannya menarik minat para konsumen. “Dari segi kemasan saja, harus diakui produk UMKM Jabar memang lebih baik. Karena, menurut mereka, kemasan adalah hal utama yang sangat berperan agar produk yang mereka hasilkan dibeli oleh konsumen. Beda dengan produk UMKM lokal di Kalsel yang kebanyakan dari segi kemasan masih sangat sederhana,” urainya.
    Di samping itu, dari segi pemasaran, Rio mengaku sangat terkesan dengan strategi pemasaran UMKM Jabar. “Tidak hanya jualan langsung, mereka juga mengelola penjualan secara online melalui website dan media sosial. Tak heran, produk UMKM mereka bisa terkenal secara global dan mampu menarik minat konsumen dari luar negeri. Mungkin, penjualan secara online ini bisa diteladani oleh para pelaku UMKM di Tala,” paparnya.
    Di sisi lain, Rio tak menampik pertumbuhan UMKM Jabar yang sangat signifikan tak bisa dilepaskan dari peran serta Pemda setempat. “ Pemda Jabar sangat mengayomi dan memfasilitasi para pelaku UMKM di Jabar. Hal ini dibuktikan dengan adanya fasilitas permodalan dan pembinaan secara intensif dari Pemda Jabar kepada para pelaku UMKM,” tandasnya.(oza)