Tanam Seribu Pohon Kulantan

PEDULI LINGKUNGAN – Komunitas PLC menanam seribu bibit
pohon Kulantan di kawasan komplek Perumahan Persada Raya
dan Persada Permai, Handil Bakti, Kabupaten Batola. 
BANJARMASIN – Program peduli lingkungan dan penghijauan tidak hanya dilakukan di hutan, namun juga bisa di kawasan perumahan. Seperti yang dilakukan oleh Persada Lovers Community (PLC) yang semangat melakukan penghijauan di area perkomplekan perumahan Persada Raya dan Persada Permai, Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala (Batola). Komunitas ini sedang menggalakkan penanaman seribu pohon Kulantan untuk menghijaukan kawasan dua perkomplekan bertetangga tersebut.
Hamdi, Ketua PLC menuturkan baik Komplek Persada Raya dan Persada Permai merupakan kawasan rawa yang banyak ditumbuhi semak belukar. Namun, suasananya masih kurang rindang lantaran minim terdapat pepohonan. “Untuk itu, kami berinisiatif untuk menanam pohon berkayu keras supaya nanti komplek yang menjadi tempat tinggal kami ini menjadi rindang. Bibit pohon yang kami tanam adalah Kulantan, yakni pohon berkayu keras yang rindang dan dapat tumbuh di kawasan rawa. Ada seribu bibit pohon Kulantan yang siap kami tanam,” ungkap Hamdi.

Dikatakan, bibit pohon Kulantan tersebut diperolehnya dari Dinas Kehutanan Kabupaten Batola. “Kebetulan, permohonan kami untuk mendapatkan bibit pohon ini disetujui oleh Dinas Kehutanan Batola. Dengan kata lain, program penghijauan ini juga tidak lepas dari peran serta Pemkab Batola, dalam hal ini melalui Dinas Kehutanan Kabupaten Batola,” sambungnya.
Untuk menanam bibit pohon Kulantan tersebut, Hamdi mengerahkan warga dari kedua komplek. “Alhamdulillah, warga Persada Raya dan Persada Permai berkenan untuk kerja bakti menanam bibit pohon ini. Mungkin, dalam waktu beberapa hari ke depan semua bibit pohon Kulantan ini sudah selesai ditanam,” paparnya.
Diharapkan bibit pohon Kulantan yang mereka tanam nantinya bisa memberikan manfaat bagi warga Komplek Persada Raya dan Persada Permai. “Setidaknya, bisa memperindah dan memperindang lingkungan komplek. Sehingga, udara sekitar bisa menjadi lebih bersih dan menyehatkan,” tandasnya.(oza)