Pengusaha Kalsel Hanya jadi Finalis

SAPU BERSIH - Para wirausahawan muda asal provinsi tetangga menjadi
juara ajang WMM 2015 Regional Kalimantan yang dilaksanakan di Banjarmasin,
kemarin (4/1).

BANJARMASIN – Keberuntungan nampaknya masih belum berpihak kepada para pengusaha muda Kalsel di ajang kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2015. Pasalnya, dalam kompetisi kewirausahaan yang digelar di tingkat regional Kalimantan tersebut yang dilaksanakan di Banjarmasin tersebut, para pengusaha muda Kalsel yang menjadi peserta harus puas hanya menjadi finalis. Enam gelar juara disabet oleh para pengusaha muda dari propinsi tetangga, yakni, Kaltim, Kalbar, dan Kaltara.
            Masih belum beruntungnya para wirausahawan muda Kalsel di ajang tersebut seolah menjadi cambuk agar ke depan bisa berkreasi lebih baik lagi. Hal ini diakui oleh salah satu wirausahawan muda Kalsel yang menjadi peserta WMM 2015, Zulrifan Noor. Wirausahawan muda asal Tanjung, Kabupaten Tabalong tersebut mengaku kompetisi kali ini bukan rezekinya. ”Saya mempresentasikan usaha saya di bidang developer properti dalam kompetisi WMM 2015 ini. Tapi sayang, juri menilai yang lain masih lebih baik. Kendatipun demikian, saya senang bisa ikut kompetisi ini,” ungkap pria yang akrab disapa Rifan ini.

            Rifan menambahkan harus diakui para wirausahawan muda dari propinsi tetangga memang lebih kreatif. ”Mereka membuat usaha yang benar-benar baru dan bisa membuktikan bahwa usaha yang mereka jalankan bisa meraup keuntungan besar serta menciptakan lapangan kerja. Kreatifitas tersebutlah yang menjadi nilai tambah penilaian dewan juri dalam kompetisi ini,” urai Rifan.
            Ke depan, apabila berkesempatan mengikuti ajang serupa, Rifan akan mempresentasikan sektor usaha lain yang mengarah ke sektor usaha kreatif. Sayangnya, Rifan enggan membocorkan konsep wirausaha yang digagasnya tersebut. ”Yang penting, saya senang dan bangga bisa ikut kompetisi ini. Sehingga, bisa memicu para wirausaha muda untuk semakin meningkatkan kinerja dan kreatifitasnya. Dengan demikian, produk atau jasa yang dihasilkan bisa memiliki daya jual tinggi dan daya saing tinggi,” urainya.
            Sementara itu, Pimpinan Bank Mandiri Regional Kalimantan, Arya Suprihadi mengucapkan selamat kepada para peserta yang menjadi juara. ”Ada enam juara yang berhasil kami jaring dalam ajang regional ini. Nanti, mereka akan maju ke kompetisi di level yang lebih tinggi, yakni tingkat nasional di Jakarta. Bagi yang belum berhasil menjadi juara, jangan menyerah. Terus berkreasi di bidang wirausaha, mudah-mudahan di tahun depan lebih beruntung,” tandasnya.(oza)