Karateka Inkai Banjarmasin Gelar Ujian Kyu

UJIAN KYU - Para karateka Inkai Kota Banjarmasin mengadakan
ujian kenaikan tingkat di Lapangan SMK Swadaya Banjarmasin,
belum lama tadi.

BANJARMASIN – Inkai Kota Banjarmasin mengawali persiapannya menghadapi Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) cabang olahraga karate dengan menggelar ujian kyu atau ujian kenaikan tingkat. Berlokasi di lapangan SMK Swadaya Banjarmasin, sedikitnya 475 karateka inkai Kota Banjarmasin dari berbagai pemegang sabuk ikut ambil bagian dalam ujian kenaikan tingkat tersebut.

Menurut M Noor, Panitia Pelaksana (Panlak) ujian kenaikan tingkat Inkai Kota Banjarmasin tersebut, Kejurprov Karate Kalsel akan dilaksanakan di Tanjung, Kabupaten Tabalong, Maret mendatang. “Makanya, mulai sekarang kami sudah melakukan persiapan untuk menghadapi Kejurprov Karate Kalsel tersebut. Yang paling utama, ujian kenaikan tingkat ini adalah sebagai ajang untuk naik kasta dari berbagai sabuk.Yakni, mulai dari sabuk putih, hingga yang paling tinggi naik ke sabuk hitam,” urainya.


Nantinya, usai ujian kenaikan tingkat tersebut, Inkai Kota Banjarmasin juga akan melakukan seleksi karateka untuk ditampilkan di ajang bergengsi tersebut. ”Setidaknya, nanti akan kami seleksi sepuluh karateka terbaik untuk mewakili Inkai Kota Banjarmasin dalam Kejurprov Karate Kalsel di Tanjung. Mudah-mudahan, kira-kira akhir Februari nanti sudah kami pastikan siapa saja yang berangkat ke Tanjung,” urainya.

Menurut M Noor, persiapan perlu dilakukan sedini mungkin, agar di saat pertarungan nanti karateka benar-benar siap secara total. Karenanya ujian kenaikan tingkat ini diberlakukan untuk semua ranting, atau antar ranting Inkai se Kota Banjarmasin. Beberapa materi kenaikan tingkat yang diujikan adalah gerakan dasar atau kihon. Selanjutnya kata atau keseragaman jurus dan gerak, serta kumite atau pertarungan ”Dalam kesempatan ini kami juga manfaatkan untuk mempererat tali silaturahmi dengan sesama karateka Inkai Kota Banjarmasin,” tandasnya.(oza)