Jajaki Kemitraan dengan Sekolah

Sukandar
BANJARMASIN – Teknologi bisnis berbasi Informasi Teknologi (IT) kini sudah mulai dikembangkan. Untuk itu, perlu ada program edukasi khusus agar basis IT tersebut dapat diterapkan sedini mungkin. Hal inilah yang bakal menjadi program utama Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Kalsel ke depan. Organisasi yang beranggotakan para pengusaha dan jasa komputer tersebut bertekad untuk mengusung program khusus yang dinamakan Apkomindo Goes To School.
    Ketua Apkomindo Kalsel, Sukandar menuturkan program Apkomindo Goes To School ini merupakan agenda yang benar-benar baru. “Tujuannya, melalui program ini kami menginginkan agar para generasi muda Kalsel melek IT. Karena, pengusaan akan ilmu IT sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan bisnis masa kini yang semakin canggih dan ketat,” ungkap Sukandar di sela-sela kegiatan Musda Apkomindo Kalsel di Hotel Roditha Banjarmasin, kemarin (8/1).

    Sukandar menuturkan penyusunan program Apkomindo Goes To School tersebut nantinya akan dikoordinasikan dengan pihak sekolah dan juga lembaga akademis lainnya. “Walaupun nama programnya Apkomindo Goes To School, bukan berarti hanya bermitra dengan sekolah-sekolah. Tapi juga meliputi kalangan akademis lain, misalnya perguruan tinggi, lembaga pendidikan keterampilan, bahkan hingga ke badan-badan diklat negeri maupun swasta yang ada di Kalsel,” urainya.
    Dengan adanya program tersebut, Sukandar berharap agar para generasi muda di Kalsel dapat melek IT. “Sehingga, di masa mendatang mereka tidak kesulitan lagi dalam persaingan dunia kerja. Karena, kalau sudah melek IT, pasti akan semakin mempermudah kehidupan mereka,” tambahnya.
    Di sisi lain, Sukandar berharap kondisi ekonomi nasional akan semakin membaik. Pasalnya, pasca melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS, daya beli masyarakat akan produk-produk komputer dan sejenisnya mengalami penurunan. “Mudah-mudahan, kondisi ekonomi nasional bisa kembali pulih. Sehingga, kurs Rupiah terhadap Dollar bisa stabil lagi. Sehingga, penjualan produk komputer dan sejenisnya bisa kembali cerah,” harapnya.(oza)