Gali Ilmu Bisnis dari RSO


FOTO BARENG - Pengurus BPC Hipmi Kota Banjarmasin bertemu
dengan Ketua BPP Hipmi, Raja Sapta Oktohari (RSO) di sela-sela
acara Munas Hipmi di Bandung, belum lama tadi.
BANJARMASIN – Momen Musyawarah Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Munas Hipmi) XV 2015 yang digelar di Bandung, belum lama tadi menyisakan kesan yang tidak terlupakan bagi Ketua Hipmi Kota Banjarmasin, H Rahmatul Irfan. Betapa tidak, dalam even nasional para pengusaha muda di seluruh Indonesia tersebut, Irfan dan kawan-kawan sesama pengurus BPC Hipmi Kota Banjarmasin beruntung karena bisa bertemu langsung dengan Ketua Umum BPP Hipmi, Raja Sapta Oktohari (RSO).
       
Tak ayal, kesempatan pertemuan tersebut dimanfaatkan oleh Irfan untuk menggali sedikit jurus-jurus andal dalam berwirausaha dan berbisnis dari RSO. “Kebetulan RSO sudah beberapa kali ke Banjarmasin dan pernah ngobrol dengan kami seputar bisnis. Alhamdulillah, ketika di Bandung bisa ketemu lagi dan bisa banyak belajar dari beliau,” ungkap Irfan kepada Radar Banjarmasin, kemarin (23/1).

  
Irfan menceritakan RSO merupakan seorang tokoh pengusaha muda Indonesia yang disegani. Dikatakannya, dalam menjalankan bisnis RSO selalu fokus dan didasari dengan kerja keras. “Beliau senantiasa mengingatkan agar dalam menjalankan bisnis tidak boleh sekadarnya. Harus benar-benar fokus dan total. Karena, kalau dijalankan dengan sekadarnya, maka hasil yang diperoleh juga sekadarnya. Sebaliknya, apabila dilakukan dengan maksimal, bisnis juga akan memberikan hasil yang maksimal,” paparnya.

Selain itu, yang perlu ditekankan dalam berbisnis adalah menitikberatkan pada orientasi target. “Harus jelas target harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Karena, dengan menetapkan target, maka kita bisa menilai sudah sejauh mana kesuksesan bisnis yang kita jalankan. Bisnis yang sukses dan berkembang adalah bisnis yang menunjukkan peningkatan,” paparnya.

Yang tak kalah penting, lanjut Irfan, RSO juga mengingatkan pentingnya menciptakan kesolidan dalam organisasi Hipmi. “Sebagai Ketua Hipmi Banjarmasin, tentunya saya menginginkan agar organisasi ini bisa semakin maju dan memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi daerah. Mudah-mudahan, dengan sedikit berbagi pengalaman dengan RSO, saya mampu membawa Hipmi Banjarmasin ke arah yang lebih baik,” tandasnya.(oza)