Buka Peluang Belajar ke Selandia Baru

KERJASAMA – Direktur ASMI Citra Nusantara, Hasan Lubis
menandatangani MoU dengan perwakilan Southern Institute
of Technology Selandia Baru, beberapa waktu lalu. 
BANJARMASIN – Jalinan kerjasama antara perguruan tinggi negeri dengan perguruan tinggi di luar negeri memang sudah menjadi sesuatu yang lumrah. Di Indonesia, sudah banyak perguruan tinggi yang menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri. Rata-rata, kerjasama tersebut kerap dilakukan oleh perguruan tinggi pada level universitas.
    Pola kerjasama internasional ini ternyata juga menjadi inspirasi oleh lembaga pendidikan level akademi. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Akademi Sekretari dan Manajemen Indonesia (ASMI) Citra Nusantara Banjarmasin. Muhammad Hasan Lubis, Direktur ASMI Citra Nusantara Banjarmasin menuturkan pihaknya sudah menandatangani nota kesepahaman untuk bekerjasama di bidang akademis dengan Southern Institute of Technology, Selandia Baru.

    “Melalui kerjasama tersebut, Mahasiswa ASMI Citra Banjarmasin Nusantara Banjarmasin yang sudah menempuh pendidikan selama tiga tahun, bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang strata satu ke Selandia Baru. Waktu pendidikannya juga relatif singkat, yakni hanya 1,5 tahun,” ungkap Hasan kepada Radar Banjarmasin, kemarin (28/1).
    Dikatakan Hasan, program pengiriman mahasiswa ASMI Banjarmasin ke Selandia Baru akan dimulai dalam waktu dekat ini sembari menuntaskan program penerimaan mahasiswa baru. “Nanti, selama kuliah di Selandia Baru, pihak Southern Institute of Technology juga sudah menyiapkan lapangan kerja berupa magang. Jadi, sambil kuliah, juga sambil kerja. Sehingga, selain belajar, mahasiswa ASMI Citra Nusantara juga dapat penghasilan. Fasilitas penginapan juga sudah ditanggung,” urainya.
    Di sisi lain, jalinan kerjasama antara ASMI Citra Nusantara Banjarmasin dengan salah satu universitas ternama di Selandia Baru tersebut juga bertujuan untuk persiapan dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang diberlakukan dalam waktu dekat ini. “”Dengan demikian, para lulusan ASMI Citra Nusantara bisa lebih siap dalam menghadapi persaingan global di era MEA tersebut,” tandasnya.(li/oza)