Bank Syariah Dekati Akademik

MAMAN SUKIMAN
BANJARMASIN - Tahun 2015 ditatap dengan penuh percaya diri oleh sektor perbankan syariah. Walaupun di tengah kondisi ekonomi Kalsel yang kini sedang lesu karena lesunya pertambangan batubara, perbankan syariah di Kalsel tetap optimistis mengembangkan bisnisnya.

Seperti yang dilakukan oleh BRI Syariah Banjarmasin. Untuk semakin mengembangkan bisnisnya, BRI Syariah tidak melulu mengincar kalangan industri. "Sekarang, kami justru sedang menjajaki jalinan kerjasama dengan kalangan akademik. Yakni, mulai perguruan tinggi hingga sekolah-sekolah yang ada di Kalsel," ungkap Pimpinan BRI Syariah Banjarmasin kepada Radar Banjarmasin, kemarin (29/1).

Maman menuturkan kerjasama yang dijalin dengan kalangan akademis adalah dengan membantu fasilitas transaksi administrasi akademis. "Misalnya, dengan membantu memfasilitasi kemudahan pembayaran SPP sekolah atau perkuliahan. Yakni, cukup disetorkan melalui teller BRI Syariah, ATM, SMS Bangking, maupun Internet Banking," sebutnya.


Dengan demikian, para mahasiswa atau peserta didik tidak perlu susah-susah antre lagi untuk bayar SPP atau biaya lainnya. "Sehingga, lebih menghemat energi dan waktu, cukup efisien kan. Sejak Januari ini, kami sudah menjalin perjanjian kerjasama dengan STIMIK Banjarmasin, Uniska, dan SMK Husada Banjarmasin," paparnya.

Sementara itu, pengamat ekonomi Kalsel yang juga Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalsel Bidang Perbankan dan Permodalan, H Tajuddin Noor menuturkan strategi perbankan syariah dalam mendekati kalangan akademik merupakan langkah yang sangat tepat. "Ini menandakan perbankan syariah mulai aktif dan kreatif dalam menemukan pangsa pasar baru. Sehingga, tidak mustahil ke depan sektor bisnis perbankan syariah akan mampu menyamai perbankan konvensional," tandasnya.(oza)