Apresiasi Perbankan Fasilitasi UMKM

PENGHARGAAN - Ketua Hipmi Kota Banjarmasin, H Rahmatul
Irfan (tengah) menyerahkan plakat kepada Pimpinan Bank Mandiri
Regional Kalimantan, kemarin (4/1).

BANJARMASIN – Ketua Umum Badan pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC Hipmi) Kota Banjarmasin, H Rahmatul Irfan mengaku senang dengan program-program perbankan di Kalsel yang semakin memperhatikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pasalnya, pria yang akrab disapa Irfan ini menuturkan pihak perbankan menjadi salah satu badang yang berperan penting dalam pengembangan UMKM di daerah, termasuk di Kalsel. Dengan demikian, tidak hanya sektor usaha besar yang mendapatkan porsi fasilitas permodalan, tapi para pelaku UMKM juga bisa terbantu dengan adanya perhatian dari perbankan tersebut.

            “Harus diakui, sektor UMKM sempat dipandang sebelah mata oleh sejumlah perbankan. Namun, seiring berjalannya waktu, pihak perbankan kini sudah mulai membuka jalinan kerjasama dan fasilitas modal usaha untuk para pelaku UMKM di Kalsel. Sehingga, ke depan UMKM di Kalsel bisa semakin berkembang,” ungkap Irfan kepada Radar Banjarmasin, usai acara Mandiri Craft Expo 2015 di Siring Tendean, kemarin (4/1).
            Irfan menuturkan banyak anggota Hipmi Kota Banjarmasin yang merupakan pelaku UMKM juga mendapatkan bantuan fasilitas permodalan dari perbankan. “Hasilnya cukup menggembirakan. Usaha UMKM yang mereka jalankan sekarang sudah mulai tumbuh dan berkembang berkat bantuan permodalan dari pihak perbankan,” urainya.
            Tak hanya dari segi finansial berupa permodalan, Irfan juga mengapresiasi langkah-langkah perbankan yang memberikan pembinaan keterampilan bagi para pelak UMKM. ”Ini menandakan pihak perbankan memang benar-benar serius untuk memajukan dunia UMKM di Kalsel, khususnya di Banjarmasin. Karena, walaupun dibantu secara finansial, para pelaku UMKM bisa meningkatkan kualitas produknya dengan adanya pelatihan keterampilan tersebut,” paparnya.
            Di sisi lain, dalam acara tersebut, Irfan mewakili Hipmi Kota Banjarmasin memberikan penghargaan khusus berupa plakat kepada Bank Mandiri. ”Selama ini partisipasi Bank Mandiri sangat berarti untuk perkembangan dunia usaha di Banjarmasin. Mudah-mudahan, ke depan program pembinaan dan permodalan dari Bank Mandiri akan terus ditingkatkan demi mengembangkan dunia usaha di Banjarmasin,”  urainya.
            Penghargaan dari Hipmi Kota Banjarmasin tersebut diserahkan langsung kepada Pimpinan Bank Mandiri Regional Kalimantan, Arya Suprihadi. ”Terima kasih atas penghargaan dan kepercayaan Hipmi Banjarmasin. Semoga, ke depan kerjasama antara Bank Mandiri dan Hipmi Banjarmasin akan semakin erat,” tandasnya.(oza)