Tarif Umrah Sesuaikan Dollar

DAFTARKAN DIRI – Suasana pelayanan umrah dan haji di
PT Kaltrabu Indah Banjarmasin.
BANJARMASIN –  Kenaikan kurs Dollar AS terhadap mata uang rupiah yang baru-baru ini ternyata belum cukup berdampak pada sebagian sektor bisnis di Kalsel. Salah satunya pada sektor bisnis travel umrah dan haji di Kalsel. Seperti yang diuraikan oleh Mohammad Arif, Manajer Operasional travel umrah dan haji PT Kaltrabu Indah Banjarmasin. Dikatakan Arif, hingga akhir Desember ini, tarif umrah masih belum berubah.

    “Naiknya kurs Dollar AS terhadap Rupiah kan baru terjadi. Biasanya, kalau sudah beberapa hari, baru akan ketahuan dampaknya. Kenaikan kurs Dollar AS ini biasanya diikuti dengan naiknya harga minyak dunia dan emas dunia. Nah, pada saat itulah para pelaku usaha akan menaikkan tarif, tak terkecuali bisnis travel umrah dan haji,” ungkap pria yang akrab disapa Arif ini kepada Radar Banjarmasin, kemarin (18/12).
    Arif menuturkan untuk penyesuaian tarif umrah, pihaknya akan terus memantau kondisi kurs Dollar AS terhadap Rupiah. “Kurs mata uang cenderung fluktuatif. Kemungkinan besar, dampaknya baru terasa menjelang akhir tahun ini. Dengan kata lain, ada kemungkinan kami akan menyesuaikan tarif umrah dan haji per 1 Januari ini,” sambungnya.
    Arif menambahkan penyesuaian tarif tersebut untuk mengantisipasi kenaikan biaya transportasi udara dan biaya operasional lainnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan travel umrah dan haji. “Kalaupun ada kenaikan tarif, saya kira itu masih wajar. Karena , untuk masyarakat Kalsel, umrah dan haji merupakan kebutuhan ibadah. Walaupun ada kenaikan harga, saya optimistis mereka tidak akan keberatan,” urainya.
    Diprediksi Arif, kenaikan tarif umrah dan haji akan berada di kisaran $100 atau lebih. “Untuk saat ini tarif umrah berada di kisaran $2200 hingga $3000, tergantung paket. “Untuk di Kaltrabu Indah, masyarakat bisa memilih paket umrah sesuai dengan keinginan dan kemampuan mereka. Ada yang paket ekonomis, ada juga paket VIP yang tarifnya lebih mahal. Dalam dua bulan terakhir (hingga Desember, red), sudah 432 jemaah umrah yang menggunakan jasa PT Kaltrabu Indah Banjarmasin ,” tandasnya.(oza)