Tampilkan Produk Mitra Binaan

SAMBIL JUALAN - Suasana stan Pertamina di pameran Hari
Jadi Kabupaten Tabalong.
BANJARMASIN – Sebagai salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pertamina juga memiliki peranan dalam membina dan mengembangkan usaha kecil. Program pembinaan usaha kecil yang dikelola oleh masyarakat tersebut menjadi satu diantara sekian banyak program Pertamina sebagai upaya menyejahterakan tingkat perekonomian masyarakat.

    “Pertamina juga turut peduli dan berperan aktif dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Kalsel melalui program pembinaan usaha kecil atau UMKM. Komitmen ini kami realisasikan dengan melakukan pembinaan secara intensif kepada para pelaku UMKM di seluruh Kalsel,” ungkap Asistant Sales Pertamina Lubricants Pertamina Banjarmasin, Muhammad Muhlis.
    Untuk itu, sebagai upaya memperkenalkan usaha dan produk dari mitra binaannya, tak jarang Pertamina kerap mengikutsertakan para mitra binaannya dalam berbagai ajang pameran. Salah satunya di ajang pameran dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Tabalong ke-, di Tanjung, belum lama tadi. “Khusus di Kabupaten Tabalong, bidang pembinaan dan pengembangan UMKM dilakukan oleh Pertamina EP Tanjung. Cukup banyak UMKM yang diajak dalam pameran kala itu, diantaranya usaha pengolahan kertas daur ulang, tanaman hidroponik, budidaya saluang dalam akuarium, dan beras organik,” cerita Muhlis.
    Dikatakan Muhlis, diharapkan dengan adanya pembinaan dari Pertamina, para pelaku UMKM di Kalsel akan semakin berkembang. “Setidaknya, para pelaku UMKM di Kalsel akan lebih mandiri dan mampu menciptakan peluang usaha sendiri yang menguntungkan. Di sisi lain, apabila sudah berkembang dan menjadi lebih besar, diharapkan para pelaku UMKM tersebut bisa menciptakan lapangan kerja baru untuk masyarakat lainnya,” tandasnya.(oza)