Sosialisasi LPG Berlanjut Lagi

BELUM TUNTAS - PT Pertamina kembali mengadakan sosialisasi
gas LPG 3 kilogram akhir 2014 ini.
BANJARMASIN - Sejak dimulai pada 2007 silam, program Nasional Konversi Minyak Tanah ke gas LPG terbukti memberikan banyak manfaat, baik bagi pemerintah maupun masyarakat. Sampai dengan tahun 2014 ini, jumlah paket perdana Konversi Minyak Tanah ke LPG yang telah didistribusikan sebanyak 54 juta unit untuk keluarga dan usaha mikro di 23 provinsi. Sedangkan, penghematan subsidinya sangat besar. Secara akumulatif dari tahun 2007 hingga November 2014 ini mencapai lebih dari Rp140 triliun.
Jelang berakhirnya tahun 2014 ini, program tersebut tetap berlanjut untuk wilayah yang masih belum menikmati program konversi LPG.
“Program sosialisasi dan pembagian gas LPG 3 kg akan meliputi provinsi Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Bangka Belitung, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Diperkirakan jumlah totalnya sebanyak 1,6  juta rumah tangga dan usaha mikro yang memenuhi syarat akan menerima paket perdana, yang terdiri atas tabung LPG 3 kg, kompor gas satu tungku, regulator dan selangnya,” ungkap Koordinator Sosialisasi dan Edukasi Gas LPG Pertamina, Gideon Taufan.
Dikatakan Gideon, demi mendukung kesiapan masyarakat dalam mempergunakan paket konversi ini secara aman, baik dan benar, PT Pertamina kembali menyelengarakan event sosialisasi dan edukasi yang diberi nama “Cara Aman Bareng Bung Ijo”. “Pada periode November-Desember 2014 ini event tersebut akan berlangsung pada 225 kecamatan di 11 provinsi tersebut. Sejak tahun 2008 telah dilakukan event serupa di lebih dari 1.500 kecamatan dan 50 SLTA di 23 provinsi di Indonesia,” paparnya.
Gideon menjelaskan sebagaimana di event sebelunmya, event ini menekankan pada edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan, perawatan, dan penanggulangan masalah dalam pemakaian kompor gas dan tabung LPG sehari-hari. Kegiatan ini merupakan wujud dari peran serta PT Pertamina (Persero) dalam menyukseskan program nasional konversi minyak tanah ke LPG, di samping tugas utamanya menyediakan paket perdana konversi dan memasok serta mendistribusikan LPG sampai ke tingkat agen.
 "Untuk di Kalsel, event sosialisasi ini sudah digelar di Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten HST pada 9 Desember lalu. Kemudian di Kecamatan Daha Barat Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada 14 desember dan Kecamatan Kalumpang Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Nanti terus berlanjut sampai ke Kalbar," tandasnya.(oza)