Sinergi Hadapi Kondisi Darurat

HALAU TUMPAHAN SOLAR - Suasana simulasi kondisi darurat
di depo BBM PT AKR Corporindo, kemarin (16/12).
BANJARMASIN – Sebuah tongkang merapat ke sebuah depo BBM milik PT AKR Corporindo untuk mengisi solar. Karena kondisi gelombang, membuat posisi tongkang terombang ambing. Celakanya, selang nozzle BBM sudah terpasang ke tongkang. Alhasil, nozzle BBM milik AKR tercabut karena tertarik tongkang. Solarpun menyembur dan menyebar di permukaan sungai.

    Beruntung, tim penyelamat gabungan dari AKR Corporindo, PT Pelindo III Banjarmasin, serta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banjarmasin sigap menanggulangi bocoran solar tersebut. Sehingga, potensi kebakaran akibat solar yang tertumpah tersebut tidak terjadi. Itulah skenario simulasi menghadapi kecelakaan kerja yang dihelat di depo BBM AKR Corporindo Banjarmasin.
    Menurut Heldi Rosadi, Head of Tank terminal PT AKR Corporindo simulasi penyelamatan kondisi darurat ini merupakan latihan rutin yang digelar setiap tahun. “AKR Corporindo memiliki tiga tim untuk menanggulangi kecelakaan kerja seperti ini. Yakni, tim pemadam kebakaran, tim pertolongan pertama, dan tim kebocoran BBM. Tiga tim inilah yang bertugas untuk meminimalisir potensi kecelakaan kerja di lingkungan PT AKR Corporindo,” urainya.
    Selain berlatih secara gabungan, PT AKR Corporindo juga kerap mengadakan latihan simulasi serupa secara internal. “Bedanya, kalau latihan internal kami lakukan tiga bulan sekali,” paparnya.
    Sementara itu, Humas PT Pelindo III Banjarmasin, Bambang Ibnu M menyatakan latihan simulasi ini sangat penting. ”Latihan ini membuat kami semakin waspada dan tanggap apabila ada potensi terjadi kondisi darurat. Dalam simulasi ini, PT Pelindo III Banjarmasin mengerahkan satu unit mobil damkar, 4 personil damkar, dan 5 personil keamanan,” tandasnya.(oza)