Sasirangan tak Harus Motif Banjar

KREATIF – Dinar menunjukkan kain Sasirangan dengan
pola Wayang Kulit khas Jawa.
BANJARMASIN – Kain Sasirangan memang kain khas Urang Banjar. Sehingga, tidak heran apabila di kain Sasirangan selalu didominasi oleh pola-pola khas Banjar. Misalnya, pola naga balimbur, gigi haruan, gegatas, dan kangkung kaombakan. Namun, seiring tren, banyak perajin kain Sasirangan yang menerapkan pola baru di kain Sasirangan. Bahkan, diantaranya justru menerapkan pola dari luar pakem budaya Banjar.

    Seperti yang dilakukan oleh Dinar, perajin kain Sasirangan di kawasan Beruntung Jaya Banjarmasin. Sudah sejak beberapa bulan ini, Dinar asyik mengerjakan kain Sasirangan dengan pola wayang kulit khas Jawa. “Pola atau motif kain Sasirangan tidak harus khas Banjar terus-terusan. Harus ada kreasi baru supaya produk kain Sasirangan juga diminati oleh para konsumen yang bukan Urang Banjar,” ungkap prmilik Dinar Sasirangan ini kepada Radar Banjarmasin, belum lama tadi.
    Dinar menuturkan tidak ada yang berbeda dalam menerapkan pola wayang kulit khas Jawa ini di kain Sasirangan. “Hanya saja proses menggambar wayang kulit ke kain Sasirangan memang diperlukan ketelitian. Sehingga, pola wayang kulit yang diterapkan gambarnya ke kain Sasirangan bisa benar-benar pas dan presisi dengan wujud wayang kulit asli,” urainya.
    Selain mencoba menerapkan motif wayang kulit, Dinar juga masih berupaya untuk menerapkan pola-pola lainnya di kain Sasirangan bikinannya. “Nanti, saya coba menerapkan pola rumah Gadang khas Padang, pola dari kain Songket Palembang, atau pola-pola nusantara lainnya. Sekarang masih dalam proses trial and error. Doakan saja mudah-mudahan berhasil,” urainya.
    Di sisi lain, karena keratifitasnya memadupadankan pola wayang kulit pada kain Sasirangan, Dinar mengaku sekarang sudah banyak yang orderan yang datang. “Alhamdulillah, sasirangan dengan pola Wayang Kulit ternyata cukup banyak peminatnya dan pangsa pasarnya juga sudah ada. Tinggal dikembangkan lebih baik lagi supaya hasilnya semakin bagus,” tandasnya.(oza)