Populerkan Sasirangan ke Generasi Muda

KHAS BANJAR - Kain Sasirangan masih belum terlalu populer
di kalangan anak-anak muda.
BANJARMASIN – Kepopuleran kain Sasirangan di kalangan generasi muda Banua nampaknya masih belum terlalu mengemuka. Pasalnya, masih banyak kalangan generasi muda Banua yang justru enggan mengenakan kain Sasirangan. Selain itu, pengetahuan mereka akan kain Sasirangan juga sangat minim. Padahal, kain Sasirangan merupakan kain khas asli buatan Urang Banjar yang sudah menjadi ikon budaya di Kalsel.
    Untuk itu, perlu dilakukan
program dan gerakan untuk menumbuhkan kecintaan kalangan generasi muda Banua akan kain Sasirangan. “Program tersebutlah yang kini sedang kami susun. Yakni, dengan melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan memperkenalkan, mempopulerkan, serta menambah kecintaan para generasi muda Banua akan kain Sasirangan,” ungkap Luse Adnan, perwakilan dari Citra Sasirangan.
    Pria yang juga General Manager Q Mall Banjarbaru ini mengakui, untuk menumbuhkan kecintaan dan mempopulerkan kain Sasirangan ke Generasi Muda Kalsel tidak semudah yang dibayangkan. “Makanya, kami berencana untuk membuat sebuah kegiatan yang menarik dan dikemas khusus untuk memikat generasi muda Banua. Salah satunya adalah dengan menggelar ajang pemilihan putra putri Citra Sasirangan yang digelar di  Q Mall Banjarbaru sepanjang Desember ini,” katanya.
      Sejak pertengahan November tadi, Luse menjelaskan pihak panitia sudah membuka pendaftaran. “Sejauh ini, antusiasme peserta cukup menggembirakan. Terbukti dengan banyaknya peserta yang mendaftar. Pemilihan putra dan putri Citra Sasirangan ini kami bagi dalam dua katagori, yakni anak-anak (usia 5 tahun – 12 tahun) dan remaja (usia 15 tahun – 22 tahun),” urainya.
    Nantinya, para peserta akan unjuk kebolehan peragaan busana berbahan kain Sasirangan pada 13 Desember nanti. Tak tanggung-tanggung, pihak Q Mall bahkan mendapuk bintang sinetron dan juga model top Arzeti Bilbina sebagai jurinya. “Yang menjadi juara akan dinobatkan sebagai Duta Citra Sasirangan dan ambassador Q Mall Banjarbaru. Diharapkan melalui ajang ini, kepopuleran kain Sasirangan akan semakin meningkat, sehingga turut mendongkrak produksi dan penjualan kain Sasirangan,” tandasnya.(oza)