Penjualan CBU Diprediksi Naik


PABRIKAN LUAR - Salah satu produk mobil CBU yang dijual
di Kalsel.
BANJARMASIN – Produk mobil yang dirakit di luar negeri atau Completely Built Up (CBU) memang terbilang mahal dibandingkan produk mobil yang dirakit di dalam negeri (CKD). Namun, mobil CBU ternyata cukup diminati oleh para konsumen di Kalsel. Biasanya, konsumen mobil CBU didominasi oleh konsumen kalangan menengah ke atas.
    Hal ini diakui oleh Branch Manager Mazda Banjarmasin, Bagus Prasetyo. Bahkan, Bagus memprediksi penjualan produk mobil CBU akan mengalami peningkatan pada 2015 mendatang. “Kenapa tidak, mobil CBU kan
memang dikenal berkualitas tinggi dan menerapkan standarisasi internasional. Tak ayal, masih ada segmen konsumen yang memang khusus meminati produk mobil CBU ini. Walaupun harganya lebih mahal, tapi antusiasme pasar juga cukup bagus,” ungkap Bagus kepada Radar Banjarmasin, belum lama tadi.
    Bagus mencontohkan produk mobil CBU buatan Jepang termasuk yang paling diminati di Kalsel. “Khusus untuk Mazda sendiri memang bermain di segmen mobil CBU. Sebagian besar mobil Mazda yang dijual di Indonesia dirakit di pabrik Mazda di Jepang. Harga memang cenderung lebih mahal, namun hal itu diimbangi dengan kualitas tinggi produk mobil Mazda,” paparnya.
    Tak hanya di kalangan diler resmi, mobil-mobil CBU juga ramai dipajang di diler-diler mobil milik perorangan. Seperti yang terlihat di beberapa diler mobil di kawasan Jalan Pangeran Hidayatullah Banjarmasin. “Saya optimistis bisnis penjualan mobil akan kembali meningkat pada 2015 nanti. Untuk itu, saya juga sudah mulai menyiapkan beberapa unit mobil rakitan nasional dan CBU terbaru untuk ditawarkan kepada konsumen,” tandasnya.(oza)