Pastikan Pilih yang SNI

TOKO LISTRIK - Pastikan konsumen membeli perlengkapan
 listrik ber-SNI
BANJARMASIN – Kesalahan dalam memilih produk, berisiko menimbulkan kerugian. Terutama dalam memilih produk-produk kelistrikan. Untuk itu, Ketua Asosiasi Kontraktor Listrik (AKLI) Kota Banjarmasin, Bambang Adri Wiyono mengimbau agar masyarakat memastikan memilih produk kelistrikan yang berlogo SNI (Standar Nasional Indonesia).
    Menurut Bambang, produk kelistrikan yang berlogo SNI dipastikan lebih berkualitas dan lebih aman digunakan. “Sebagaimana diketahui, sekarang kan marak terjadi kebakaran yang disebabkan oleh konsleting listrik. Dicurigai, rendahnya kualitas perlengkapan kelistrikan menjadi pemicu mudahnya terjadi konsleting arus listrik yang menjadi penyebab utama kebakaran,” ungkap Bambang.
    Oleh karena itu, Bambang menuturkan produk kelistrikan yang berlogo SNI sudah seharusnya menjadi standar dalam memasang jaringan listrik di perumahan atau bangunan. “Memang sebagian besar produk kelistrikan berlogo SNI lebih mahal. Namun, kualitas dan keawetannya lebih baik dibandingkan membeli produk kelistrikan yang tidak jelas spesifikasinya. Ujung-ujungnya, justru bisa membahayakan dan merugikan diri sendiri atau orang lain,” urainya.
    Bambang mencontohkan produk kelistrikan yang paling banyak digunakan adalah kabel listrik. “Di pasaran banyak dijual kabel listrik dengan berbagai harga dan kualitas. Pastikan, beli yang berlogo SNI. Kabel yang berlogo SNI merupakan penghantar listrik yang bagus dan tahan tegangan tinggi. Sehingga, tidak mudah panas yang menyebabkan kebakaran,” paparnya.
    Di sisi lain, Irwan, seorang pedagang perlengkapan listrik di Banjarmasin menuturkan produk kelistrikan berlogo SNI cukup diminati konsumen. “Biasanya yang membeli produk kelistrikan berlogo SNI adalah para developer perumahan, perhotelan, atau perkantoran. Produknya bisa berupa kabel, lampu, MCB, dan meteran listrik standar PLN,” tandasnya.(oza)