Harga Ikan Laut Melonjak

TINGGAL SEDIKIT – Minimnya pasokan ikan laut di pasaran
di Kota Banjarmasin membuat harga jualnya melambung tinggi.
BANJARMASIN – Para penikmat ikan laut nampaknya harus mengencangkan ikat pinggang. Pasalnya, ikan laut yang dijual di pasaran Kota Banjarmasin mengalami kenaikan cukup drastis. Menurut sejumlah pedagang ikan, kenaikan harga tersebut dikarenakan minimnya pasokan ikan laut segar yang dijual di Banjarmasin. Selain itu, adanya larangan melaut juga menjadi pemicu
merangkaknya harga jual ikan laut.    
    Seperti yang dituturkan oleh Sadri, seorang pedagang ikan laut di Pasar Lama Banjarmasin. Sadri menceritakan ikan laut jenis peda memegang rekor sebagai ikan laut paling mahal saat ini. “Kenaikan harga ikan peda mencapai 100 persen. Sebelumnya hanya dijual seharga Rp20 ribuan per kilogram. Sekarang ikan peda dijual seharga Rp40 ribuan per kilogram,” ungkap Sadri kepada Radar Banjarmasin, kemarin (10/12).
    Sadri menceritakan ikan peda termasuk ikan yang paling diminati konsumen di Banjarmasin. “Dalam sehari, saya bisa jual ikan peda sampai sepuluh kilogram. Tapi, sekarang pasokan ikan peda sedang sepi. Hari ini (kemarin, red) saja saya hanya mendapatkan pasokan enam kilogram ikan peda. Karena sejak beberapa hari ini pasokannya menipis, harga jual ikan peda terpaksa saya naikkan,” tambahnya.
    Tak hanya ikan peda, ikan laut jenis lainnya juga ikut-ikutan mengalami kenaikan harga. Diantaranya, ikan lajang yang mulanya dijual Rp10 ribuan per kilogram, sekarang sudah mencapai Rp19 ribuan per kilogram. Ikan Tongkol sekarang dijual Rp25 ribuan per kilogram dari harga awal Rp14 ribuan per kilogram. “Sementara itu, untuk ikan Bandeng dijual seharga Rp20 ribuan per kilogram dari harga awal Rp15 ribuan per kilogram. Untuk ikan sungai seperti Patin dan ikan Mas masing-masing dijual seharga Rp40 ribuan per kilogram dan Rp24 ribuan per kilogram,” sebutnya.
    Kendatipun naik, Sadri tak menampik antusiasme konsumen justru cenderung stabil. “Alhamdulilah, dagangan saya tetap laris seperti biasa. Namun, saya berharap agar pemerintah bisa memberikan solusi supaya pasokan ikan laut di pasaran Banjarmasin tetap terpenuhi,” tandasnya.(oza)