Gelar Sosialisasi Kepada Pensiunan

PURNA TUGAS - Para pensiunan mendapatkan sosialisasi dari BPJS
Kesehatan Banjarmasin di Hotel Golden Tulip Galaxy, kemarin (10/12)
BANJARMASIN - Masih minimnya pengetahuan publik terkait penggunaan layanan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan, menjadi perhatian serius pihak BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin. Salah satunya melalui kegiatan sosialisasi layanan BPJS Kesehatan kepada para pensiunan PNS, TNI, Polri hingga Veteran, Rabu (10/12) di Hotel Golden Tulip Banjarmasin.


"Memang harus disadari bahwa hingga saat ini banyak kalangan pensiunan yang masih bingung menggunakan layanan BPJS Kesehatan. Untuk itu, melalui kegiatan ini diharapakan bisa memberikan pengetahuan mengenai hak dan kewajiban para pensiunan sebagai pengguna layanan BPJS Kesehatan,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin Elke Winasari.

Elke menjelaskan sebelum BPJS Kesehatan resmi diluncurkan, para pensiunan adalah peserta ASKES. "Para pensiunan tidak perlu mendaftar dari awal lagi sebagai peserta BPJS Kesehatan. Mereka cukup melakukan migrasi dari ASKES ke BPJS Kesehatan. Karena harus menyesuaikan sistem yang baru terlebih dahulu, makanya sangat penting untuk diberikan sosialisasi mengenai proses migrasi tersebut," tuturnya.

Di sisi lain, dengan adanya sosialisasi tersebut, para pensiunan juga bisa menginformasikan kepada para pensiunan lainnya terkait cara bermigrasi dari ASKES ke BPJS Kesehatan. "Tentunya, kami tidak bisa melakukan sosialisasi ini secara searah dan dari kami sendiri. Diperlukan dukungan dari pihak-pihak lain, agar layanan BPJS Kesehatan bisa dirasakan oleh semua orang, terutama di kalangan pensiunan," sambungnya.
Sementara itu, adanya sosialisasi BPJS Kesehatan kepada kalangan pensiunan mendapatkan apresiasi dari Ketua Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kota Banjarmasin, Hj Rusiah Rahman. “Dengan adanya sosialisasi ini kami sebagai pensiunan akan semakin memahami hak dan kewajiban kami sebagai penerima layanan BPJS Kesehatan,” tandasnya.(oza)