Developer Andalkan Bata Ringan

EFISIEN – H Yuliansyah menunjukkan salah satu bata ringan
yang banyak dipakai oleh pengembang perumahan di Kalsel.
BANJARMASIN – Demi memberikan efisiensi biaya dalam pembangunan perumahan, para developer perumahan kerap mengandalkan sejumlah material harga miring namun tetap berkualitas. Salah satu yang kerap menjadi andalan para developer dalam membangun perumahan adalah bata ringan. Dengan bobot yang tidak seberat batu bata merah atau batako, bata ringan dinilai paling cocok digunakan untuk pembangunan rumah secara massal.
    Hal ini diakui oleh H Yuliansyah, developer perumahan PT Bintang Cahaya Alami (BCA). H Yuliansyah menuturkan bata ringan memiliki berbagai keunggulan yang tidak
ditemui pada bata biasa. “Yang jelas, dengan bobot yang ringan, bata ringan tidak akan membuat gelagar rumah menjadi bengkok. Apalagi, rumah-rumah di Banjarmasin dan Batola kebanyakan masih menggunakan rangka kayu ulin, sehingga sangat cocok bila dipadukan dengan bata ringan,” ungkap H Yuliansyah.
    Dikatakan H Yuliansyah, karena berbagai keunggulan tersebutlah, permintaan akan bata ringan semakin meningkat. ”Saya sendiri kemudian tertarik untuk menjadi distributor produk bata ringan merek Jayacon dan Fastcon. Sejauh ini antusiasme konsumen sangat besar terhadap produk bata ringan tersbut. Bahkan, sudah ada beberapa developer perumahan serta perusahaan yang membeli bata ringan dari saya,” katanya.
    Untuk harga jual, H yuliansyah menuturkan bata ringan merek Jayacon dijual seharga Rp2500 yang ukuran 5 cm x 20cm x 30 cm. Sedangkan, untuk yang ukuran 20 cm x 60 cm x 7,5 cm dijual seharga Rp7500. Sementara, yang bermerek Fastcon dijual seharga Rp8 ribu per biji. “Namun, kalau mau beli harus pesan dulu minimal dua bulan sebelumnya. Karena banyak peminatnya, saya sendiri sampai kewalahan memenuhi permintaan pelanggan,” tandasnya.(oza)