Cat Dekoratif Dominasi Penjualan

PILIHAN KONSUMEN – Ilmi menunjukkan salah satu produk cat
dekoratif yang banyak diminati oleh konsumen di Banjarmasin
dan sekitarnya.
BANJARMASIN – Penjualan produk cat dekoratif di Banjarmasin dan sekitarnya terbilang menggembirakan. Apalagi, di Banjarmasin banyak terdapat kawasan perumahan. Alhasil, penjualan cat dekoratif juga turut terkerek berkat adanya kawasan perumahan tersebut. Selain itu, adanya program pemeliharaan gedung-gedung pemerintahan dan rumah ibadah juga membuat penjualan cat dekoratif kian meyakinkan.

    Menurut pemilik toko cat RBR Handil Bakti, Ilmi, cat dekoratif memang menjadi pilihan konsumen sebagai pemanis interior bangunan. “Dibandingkan cat jenis lain, cat dekoratif menjadi pilihan utama konsumen yang ada di Banjarmasin dan sekitarnya. Di penghujung tahun 2014 ini, Ilmi mengakui penjualan cat dekoratif mendominasi angka penjualan hingga 75 persen dari keseluruhan jenis cat yang saya jual,” ungkap Ilmi.
    Untuk harga, cat dekoratif cukup beragam. Tergantung kualitas dan merek cat dekoratif itu sendiri. Untuk cat dekoratif dengan merek ternama bisa dijual mulai Rp60 ribuan hingga di atas Rp100 ribuan per kaleng. “Bahkan, belum lama tadi saya juga sempat mengadakan promo untuk penjualan cat dekoratif. Hasilnya cukup memuaskan, banyak konsumen yang tertarik. Sekarang, walaupun promonya sudah kami hentikan, minat masyarakat untuk membeli cat dekoratif masih tinggi,” paparnya.
    Di sisi lain, penjualan cat jenis lain seperti cat besi, cat kayu, dan cat tembok biasa juga cukup menggembirakan. “Biasanya, yang membeli cat tersebut adalah konsumen perseorangan. Yang paling banyak adalah para perajin besi untuk pagar, kanopi, dan teralis. Mereka banyak menggunakan cat besi galvanis,” sambungnya.
    Untuk tahun 2015 mendatang, Ilmi memprediksi penjualan produk cat akan mengalami peningkatan. “Selama pembangunan masih berjalan, saya optimistis keperluan konsumen akan produk cat juga tidak akan pernah putus,” tandasnya.(oza)