Bambang Alamsyah
BANJARMASIN – Kepedulian Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) dalam menggenjot sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) tak pernah surut. Bahkan, Pemkab Tala selama ini terus menggelontorkan anggaran yang tidak sedikit untuk mengembangkan sektor UMKM lokal. Alhasil, banyak produk UMKM Tala yang mampu menembus pasar lokal maupun nasional. Ke depan, Pemkab Tala bertekad untuk menjadikan sektor UMKM tersebut menjadi
industri.
    Bupati Kabupaten Tala, Bambang Alamsyah mengakui potensi UMKM di Kabupaten Tala sebenarnya sangat besar. “Ada berbagai sektor UMKM yang bisa diolah dan dikembangkan di Tala. Mulai dari sektor UMKM kuliner, kerajinan, perikanan, dan peternakan. Sejauh ini, kontribusi UMKM di Kabupaten Tala juga cukup baik. Sehingga, tidak menutup kemungkinan beberapa diantaranya bisa terus kami kembangkan untuk menjadi industri,” ungkap Bambang kepada Radar Banjarmasin, belum lama tadi.
    Bambang menuturkan salah sau program andalan Pemkab Tala dalam mengembangkan UMKM setempat adalah dengan membina sentra-sentra UMKM yang ada. “Di Kabupaten Tala banyak terdapat kampung-kampung. Yang mana, di kampung-kampung tersebut beberapa diantaranya merupakan sentra UMKM. Nah, di kampung-kampung itulah nantinya tingkat produksi UMKM yang potensial akan kami arahkan dan kembangkan menjadi sektor industri,” paparnya.
    Dicontohkan Bambang, salah satunya adalah sebuah kampung di kawasan Tanjung Dewa. Berdekatan dengan laut, ikan laut yang menjadi hasil tangkapan masyarakat Kampung Tanjung Dewa dapat diolah menjadi kerupuk ikan berkualitas. “Makanya, sekarang Tanjung Dewa itu dikenal sebagai Kampung Kerupuk,” tambahnya.
    Di sisi lain, adanya kebijakan, pengawasan, dan aturan dari pemerintah dalam pegalokasian anggaran menjadi batasan bagi Pemkab Tala dalam mengembangkan UMKM. “Makanya, kami harus analisa dengan baik UMKM mana yang paling potensial untuk dikembangkan. Rp1 miliar untuk membangun infrastruktur tentu tidak akan cukup. Namun, kalau Rp1 miliar dialokasikan untuk UMKM, kami optimistis mampu mengembangkannya menjadi sektor industri yang dapat menghidupi ribuan orang,” tandasnya.(oza)