Bagi Ilmu Bisnis di Uniska

KENANG-KENANGAN – Para mahasiswa Uniska berfoto bersama
pengurus BPC Hipmi Kota Banjarmasin usai acara workshop.
BANJARMASIN – Agenda Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC Hipmi) Kota Banjarmasin untuk terus meularkan jiwa wirausaha dari kampus ke kampus masih berlanjut. Belum lama tadi, BPC Hipmi Kota Banjarmasin didaulat untuk mengisi acara workshop kewirausahaan yang dilaksanakan oleh Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Banjarmasin, Sabtu (27/12). Dalam kesempatan tersebut, BPC Hipmi Kota Banjarmasin mengetengahkan materi mengenai semangat berwirausaha dari lokal menuju global.

    Ketua Umum BPC Hipmi Kota Banjarmasin, H Rahmatul Irfan menuturkan kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kunjungan BPC Hipmi Kota Banjarmasin dari kampus ke kampus. “Sebelumnya, kami sudah pernah berkunjung ke ASMI Banjarmasin, lembaga pendidikan Widyaloka, Universitas Lambung Mangkurat, dan IAIN Antasari Banjarmasin. Agendanya sama, yakni berbagi ilmu dan pengalaman mengenai bisnis dan kewirausahaan kepada para mahasiswa,” ungkap pria yang akrab disapa Irfan ini kepada Radar Banjarmasin.
    Irfan menuturkan dalam acara workshop yang digelar di Uniska tersebut, BPC Hipmi Kota Banjarmasin menunjuk Wakil Ketua Hipmi Kota Banjarmasin Bidang UKM, Suyanto sebagai narasumber. “Setiap pengurus Hipmi Kota Banjarmasin bertugas menjadi narasumber secara bergiliran. Karena, harus diakui cukup banyak kampus-kampus di Banjarmasin yang bakal kami kunjungi. Materi yang disampaikan juga harus selalu up to date dan menarik minat para mahasiswa untuk menyimaknya,” urainya.
    Sementara itu, Suyanto menuturkan mindset para mahasiswa untuk menjadi seorang pengusaha harus dimunculkan. “Jangan hanya berharap  menjadi PNS setelah lulus kuliah. Para mahasiswa harus mampu berwirausaha sendiri, syukur-syukur kalau sampai bisa membuka lapangan kerja baru yang bermanfaat untuk orang lain. Walaupun dengan modal seadanya, asalkan dengan niat tulus dan kemauan yang keras, impian menjadi seorang pengusaha bukanlah hal yang mustahil,” urainya.
    Di sisi lain, Adi Nugroho, salah satu mahasiswa Uniska, mengaku merasa termotivasi usai mengikuti kegiatan tersebut. “Pikiran saya menjadi lebih terbuka usai mendapatkan paparan materi dari para pengurus Hipmi Kota Banjarmasin yang menjadi narasumber. Mudah-mudahan, saya bisa mengamalkan kiat-kiat bisnis yang mereka sampaikan,” tandasnya.(oza)