UMKM Harus Rajin Ikuti Pameran


INOVATIF - Salah satu cara yang ampuh dalam memasarkan
produk UMKM adalah melalui pameran. 
BANJARMASIN – Para pelaku usaha UMKM di Banjarmasin kerap kesulitan dalam memasarkan produk olahannya. Bahkan, karena tak jeli dalam mencari pangsa pasar, banyak pelaku UMKM yang justru menuai kerugian. Hal inilah yang disayangkan oleh Ketua Himpunan Pengusaha Kecil Indonesia (Hipmikindo) Kalsel, Asmah Syahrani.
            Asmah mengakui sejumlah pelaku UMKM di Kalsel masih minim pengetahuan dalam
mencari pangsa pasar untuk menjual produk olahannya. ”Sebagian besar pelaku usaha UMKM masih memilih untuk menjual prroduk olahannya secara langsung ke pasaran. Padahal, cara seperti ini terkesan monoton dan tidak ada terobosan. Tak ayal, hasil penjualan juga tidak sesuai dengan yang diharapkan,” ungkap Asmah.
            Untuk itu, Asmah mengimbau kepada para pelaku UMKM di Kalsel agar mau belajar berkreasi dan berinovasi. Tidak hanya berkreasi dalam hal produk yang dihasilkan, tapi juga berani berinovasi dalam hal penjualan. ”Tanpa inovasi, tentunya akan semakin sulit dalam melakukan penjualan. Yang paling penting, keberanian dalam mengemas pemasaran produk UMKM ke konsumen. Harus berani beda, harus ada inovasinya,” katanya.
            Menurut Asmah, salah satu cara yang cukup ampuh dalam memasarkan produk UMKM adalah dengan mengikuti pameran. “Melalui pameran, tentunya produk UMKM yang dipajang akan dikenal oleh pengunjung. Setidaknya, walaupun tidak dibeli di tempat, para pengunjung bisa mengingat dan mengenali produk UMKM yang dipajang,” urainya.
            Apalagi, menurutnya di Kalsel merupakan daerah yang sangat sering menggelar pameran UMKM. “Setiap tahun pasti ramai pameran UMKM digelar di Kalsel. Tinggal pelaku UMKM yang aktif untuk mencari informasi terkait pelaksanaan pameran. Sehingga, bisa jualan di pameran,” sambungnya.
            Di sisi lain, Asmah sebagai Ketua Hipmikindo Kalsel bertekad untuk terus menjalin komunikasi dengan Pemerintah Daerah. ”Diharapkan dengan jalinan komunikasi yang baik dengan Pemerintah Daerah akan membuka peluang bagi pengusaha UMKM di Kalsel dalam memasarkan produk-produknya,” tandasnya.(oza)