PT Jangan Lepas Tangan

SIAP KERJA – ASMI Banjarmasin menjalin kerjasama dengan
pihak perusahaan swasta untuk menampung para lulusannya
sebagai karyawan.
BANJARMASIN – Setiap Perguruan Tinggi (PT) baik negeri maupun swasta yang ada di Indonesia selalu meluluskan ribuan wisudawan dan wisudawati tiap semester atau tiap tahun. Namun, dibalik kelulusan para mahasiswa hasil didikan PT tersebut, belum tentu semuanya bisa diserap sebagai tenaga kerja. Hal inilah yang menjadi catatan bagi kalangan akademisi.
    Salah satunya seperti yang dituturkan oleh Direktur Akademi Sekretaris dan Manajemen Indonesia (ASMI) Banjarmasin,
Hasan Lubis. Hasan mengaku prihatin dengan banyaknya lulusan PTN dan PTS di Indonesia yang justru masih menganggur. “Sangat miris sekali kenyataan ini. Seakan-akan, setelah lulus kuliah, justru bingung mau bekerja di mana. Apalagi, sebagian besar PT di Indonesia ada yang tidak mengajarkan keahlian-keahlian khusus yang sebenarnya sangat diperlukan di dunia kerja,” ungkap Hasan di sela-sela kegiatan wisuda mahasiswa ASMI Banjarmasin, di Hotel Golden Tulip Galaxy, Sabtu (1/11).
    Hasan melanjutkan, seharusnya PT bisa mencarikan solusi agar para wisudawan dan wisudawatinya bisa semaksimal mungkin terserap oleh tenaga kerja. “Dengan kata lain, PT jangan sampai lepas tangan begitu saja terhadap para wisudawan dan wisudawatinya. Harus benar-benar dipikirkan, agar para wisudawan dan wisudawati lulusannya bisa segera bekerja. Salah satu caranya adalah merangkul pihak perusahaan swasta untuk menampung mereka,” urai Hasan.
    Dikatakan Hasan, merangkul pihak perusahaan swasta sudah dilakukan oleh ASMI Banjarmasin sejak lama. “Hingga kini, kami sudah meneken MoU (Memorandum of Understanding) dengan sedikitnya 150 perusahaan nasional yang ada di Kalsel, bahkan hingga ke Kaltim dan Kalteng. Lewat MoU tersebut, kami merekomendasikan para lulusan ASMI Banjarmasin untuk bisa bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut. Dengan demikian, lulusan ASMI sebagian besar sudah bekerja begitu mereka lulus,” urainya.
    Dalam kegiatan tersebut, ASMI Banjarmasin mewisuda 64 orang  mahasiswa D3 jurusan Manajemen Bisnis dan meyudisium 48 mahasiswa profesi dua tahun (D2) jurusan Informatika dan Komputer. “Usai wisuda, kami juga menandatangani MoU dengan sepuluh perusahaan lain yang siap menampung lulusan ASMI Banjarmasin sebagai tenaga kerja,” paparnya.
    Sementara itu, Rita, salah satu wisudawati ASMI Banjarmasin merasa senang. “Alhamdulillah, setelah lulus, saya sudah diterima bekerja di sebuah perusahaan swasta di Banjarmasin yang bergerak di bidang otomotif. Sebagai lulusan ASMI Banjarmasin, saya merasa bangga karena setelah wisuda tidak perlu susah-susah cari kerja,” tandasnya.(oza)