Pelumas Bebek dan Sport masih Menjanjikan



MENJANJIKAN – Pertamina Lubricants melirik celah bisnis
produk pelumas khusus untuk motor jenis bebek dan sport.
BANJARMASIN – Populasi motor bebek dan sport semakin tergeser oleh varian matic. Betapa tidak, hingga saat ini penjualan motor matic laris manis bak kacang goreng. Kendatipun demikian, para produsen pelumas tetap bertahan untuk memproduksi pelumas khusus mesin motor bebek dan motor sport. Pasalnya, pangsa pasar pelumas untuk dua varian motor tersebut masih cukup menjanjikan.
                Assistan Sales Executive PT Pertamina Lubricants Banjarmasin menuturkan pada umumnya masyarakat Kalsel selain memiliki motor matic sebagai kendaraan utama, juga memiliki motor jenis bebek dan sport sebagai alat transportasi alternatif. “Dengan demikian, motor bebek dan sport tersebut juga harus dirawat. Nah, untuk perawatan, tentunya memerlukan pelumas. Di sinilah PT Pertamina Lubricants melihat celah bisnisnya,” ungkap Muhlis kepada, belum lama tadi.
                Muhlis menjelaskan kebanyakan masyarakat Kalsel menggunakan motor bebek jenis empat tak. Motor jenis ini dinilai hemat bahan bakar. Bahkan, di kawasan pedesaan motor bebek kerap digunakan sebagai sarana angkutan barang dan hasil perkebunan di kawasan pedesaan. Untuk tetap bisa dipacu, motor bebek memerlukan perawatan yang teratur. Salah satunya dengan memperhatikan kualitas pelumas yang digunakan. “Untuk itu, Pertamina mengeluarkan produk pelumas Super Motor dengan harga yang sangat ekonomis bagi pengguna motor bebek yang rata-rata merupakan masyarakat kelas menengah,” urainya.
                Khusus untuk motor jenis sport, Pertamina juga memproduksi pelumas khusus. “bagi motor sport, Pertamina belum lama tadi telah memperkenalkan produk Enduro Sport. Pelumas ini sangat cocok untuk motor sport 4 tak dengan mesin berkubikasi tinggi. Bahkan, pelumas ini juga sangat cocok untuk motor sport yang turun di arena balap,” paparnya.
                Di sisi lain, Muhlis tetap optimistis penjualan produk pelumas nasional akan stabil. “Harus diakui, sulit menangkal masuknya produk pelumas impor ke Indonesia. Namun, dengan semakin ditingkatkannya kualitas produk pelumas Pertamina, setidaknya akan menambah kepercayaan masyarakat untuk tetap memilih produk pelumas nasional, terutama pelumas Pertamina,” tandasnya.(oza)