Lulusan SMK Banyak Diserap Perusahaan


SIAP KERJA - Para lulusan SMK menjadi incaran perusahaan
untuk diserap sebagai tenaga kerja.
BANJARMASIN – Walaupun tidak bergelar akademis dari perguruan tinggi, kemampuan para lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) di dunia kerja tak kalah berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya lulusan SMK yang terserap sebagai tenaga kerja di perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia. Tak terkecuali di Kalsel, kebutuhan akan tenaga kerja lulusan SMK semakin lama
juga semakin diminati.
            Semakin dibutuhkannya lulusan SMK di dunia kerja mendapatkan tanggapan dari kalangan pengajar. Salah satunya dari Kepala Sekolah SMKN 5 Banjarmasin, Gatot Subiyanto. ”Lulusan SMK sekarang sudah dibekali berbagai keahlian khusus yang sangat diperlukan di dunia kerja. Sehingga, begitu lulus SMK, mereka langsung bisa bekerja di perusahaan atau berwiraswasta sendiri. Adanya pembelajaran keahlian inilah yang membuat lulusan SMK siap kerja,” ungkap Gatot.
            Bahkan, kata Gatot, sejumlah siswa SMKN 5 Banjarmasin yang belum lulus, sudah diincar oleh para perusahaan. ”Ini dikarenakan manajemen perusahaan sudah memantau performa siswa SMKN 5 Banjarmasin ketika dimagangkan di perusahaan yang bersangkutan. Mereka menilai, kinerja anak-anak sangat baik. Bahkan, dengan sedikit training, para siswa kami sudah bisa langsung mengerti dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat,” urainya.
            Di sisi lain, untuk mensosialisasikan mengenai kemampuan para siswa SMK di dunia kerja secara keseluruhan, SMKN 5 Banjarmasin akan menggelar Job Matching di Gedung Sultang Suriansyah, hari ini. ”Dalam acara ini, kami mengundang sedikitnya 40 perusahaan yang ada di Kalsel. Nantinya, perusahaan-perusahaan tersebut akan mengumumkan berbagai lowongan kerja yang bisa dilamar oleh para lulusan SMK,” katanya.
            Kemudian, lanjut Gatot, para lulusan SMK bisa memilih lowongan kerja di perusahaan mana yang kira-kira cocok dengan kriteria mereka. ”Mudah-mudahan, kegiatan job matching tersebut dapat menjadi solusi yang saling menguntungkan antara perusahaan dan para pencari kerja lulusan SMK,” tandasnya.(oza)