JUMPA PERS - Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Tala,
M Rafiqi Efendi didampingi oleh Ketua HPPMTL, M Noor kala
 memberikan keterangan kepada wartawan, belum lama tadi.
BANJARMASIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) sudah mempersiapkan sejumlah strategi untuk mewujudkan program Kabupaten Tanah Laut (Tala) sebagai kawasan industri dan pelabuhan pada 25 tahun mendatang. Salah satunya dengan mempersiapkan
Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal untuk dilibatkan dalam menjalankan program tersebut. Dalam hal ini, Pemkab Tala bertekad untuk memprioritaskan putera daerah sebagai SDM pembangunan di Kabupaten Tala.
    Menurut Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Tala, M Rafiqi Efendi, pembangunan di Kabupaten Tala bakal menyerap SDM yang tidak sedikit jumlahnya. "Oleh karena itu, sebagai upaya untuk mewujudkan program Tala menjadi kawasan industri dan pelabuhan, tidak hanya sekadar materi yang diperlukan. SDM yang andal dan cekatan juga mutlak dilibatkan. Namun, kami menginginkan agar yang membangun Tala adalah para generasi muda Tala sendiri. Dengan kata lain, kami berupaya agar memaksimalkan dan melibatkan potensi SDM putera daerah," ungkap Rafiqi.
    Untuk itu, Rafiqi menjelaskan Pemkab Tala selalu pro aktif dalam memberikan dukungan kepada para generasi muda Tala, terutama dalam hal pendidikan. "Pemkab Tala selama ini mendukung penuh para mahasiswa asal Tala untuk menuntut ilmu ke Banjarmasin, ke Pulau Jawa, bahkan hingga ke luar negeri. Yakni, dengan mengadakan program beasiswa pendidikan bagi mahasiswa yang berprestasi dan mahasiswa yang tidak mampu. Tujuannya, supaya kelak menjadi orang yang intelek dan mampu memberikan kontribusi untuk pembangunan di Tala," urainya.
    Keinginan Pemkab Tala untuk memprioritaskan putera daerah sebagai SDM program pembangunan Tala disambung baik oleh Ketua Himpunan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Tanah Laut (HPPMTL) Pusat, M Noor. "Kami sangat mengapresiasi Pemkab Tala yang memberikan bantuan beasiswa kepada para mahasiswa asal Tala. Bahkan, ada salah satu mahasiswa asal Tala yang dibantu beasiswa untuk menempuh pendidikan S2 di Perancis," kata M Noor.
    Kendatipun demikian, M Noor mengimbau agar Pemkab Tala lebih intensif dalam memberikan perhatian kepada para mahasiswa Tala yang menuntut ilmu. "Kalau bisa anggaran untuk bantuan beasiswa pendidikan diperbesar lagi. Karena, masih banyak mahasiswa Tala yang potensial, namun tidak mampu secara potensial," tandasnya.(oza)