APBMI Pastikan Siap Hadapi MEA

SOLID – Para peserta diklat SDM PBM yang digelar oleh DPW APBMI
Kalselteng berfoto bersama usai acara penutupan diklat tersebut, Jumat (31/10).
BANJARMASIN – Penerapan era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015 mendatang dipastikan akan membuat persaingan tingkat Sumber Daya Manusia (SDM) semakin sengit. Hal inilah yang menjadi fokus utama bagi seluruh Perusahaan Bongkar Muat (PBM) yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI). Melalui diklat SDM PBM yang dilaksanakan di Banjarmasin sejak 27 Oktober hingga 1 November tadi, APBMI memastikan diri untuk
siap bersaing dan menghadapi MEA 2015.
    Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) APBMI, Bambang K Rachwardi menilai diklat SDM PBM tersebut menjadi tonggak dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi ketatnya persaingan di era MEA 2015. “Sebenarnya, APBMI sudah mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari, baik secara kelembagaan maupun secara personal. Namun, melalui diklat SDM PBM ini, tentunya akan semakin memantapkan kesiapan para pelaku usaha bongkar muat untuk bersaing di era MEA 2015 nanti,” ungkap Bambang.
    Terlebih, dengan adanya tekad pemerintahan baru Indonesia saat ini yang berjanji untuk memperkuat bidang kemaritiman dan kelautan, membuat APBMI semakin semangat dalam meningkatkan kinerja. “Mudah-mudahan, pemerintah juga memberikan dukungan dan wujud nyata untuk memperkuat sektor kemaritiman dan kelautan tersebut. Sebagai salah satu insan kemaritiman, APBMI juga merasa sangat terpanggil untuk memajukan Indonesia lewat peningkatan kinerja di lapangan,” urainya.
    Sementara itu, Ketua DPW (Dewan Pengurus Wilayah) APBMI Kalselteng, H Djumadri Masrun menuturkan diklat SDM PBM tersebut diikuti sedikitnya 84 utusan dari seluruh PBM yang ada di Indonesia. “Melalui diklat ini, kami juga ingin menunjukkan bawah APBMI adalah organisasi kemaritiman yang solid dan kuat. Kami bertekad untuk memberikan kontribusi terbaik bagi pembangunan daerah dan negara,” ungkapnya.
    Di sisi lain, pria yang akrab disapa Pak Djum ini juga menyampaikan apresiasinya kepada DPP APBMI dan semua pihak atas suksesnya kegiatan diklat nasional tersebut. “Kami menyampaikan rasa terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya karena sudah dipercaya menjadi tuan rumah diklat SDM PBM ini. Semoga, ke depan jalinan silaturahmi, sinergisitas, dan kerjasama dengan semua pihak akan semakin erat,” tandasnya.(oza)