Tunggu Momen Akhir Tahun

SIAP DIKIRIM – Momen akhir tahun kerap menjadi ladang
bisnis bagi para pemilik usaha jasa pengiriman barang.
BANJARMASIN – Para pelaku bisnis jasa kiriman barang di Banjarmasin sedang menunggu momen akhir tahun. Pasalnya, pada saat menjelang akhir tahun, orderan kiriman barang kerap
mengalami peningkatan. Aneka permintaan pengiriman barang, mulai dari makanan, busana, hingga perlengkapan elektronik, dan mainan kerap mendominasi. Khusus untuk akhir tahun ini, diprediksi permintaan pengiriman barang berupa busana dan makanan masih tetap yang paling banyak.
    Menurut Wahab, seorang pemilik jasa kiriman di Banjarmasin, momen akhir tahun layaknya musim panen bagi para pemilik jasa kiriman barang. “Dalam setahun ada dua momen yang membuat order pengiriman barang mengalami peningkatan. Yakni, pada saat menjelang Lebaran dan akhir tahun. Tahun lalu, saya sempat menangani order kiriman barang hingga mencapai lebih dari 50 kilogram pada saat Lebaran dan akhir tahun,” ungkap Wahab.
    Wahab menjelaskan kebiasaan konsumen dalam mengirimkan barang-barang kepada para koleganya pada saat menjelang akhir tahun sudah mulai kelihatan. “Termasuk saat Oktober ini yang memasuki akhir tahun 2014. Dalam seminggu ini saya sudah banyak menangani order pengiriman barang. Tidak hanya order pengiriman ke luar daerah Kalsel, ada beberapa orderan kiriman barang dari konsumen hingga ke Malaysia,” paparnya.
    Wahab menuturkan orderan pengiriman barang paling banyak menuju ke Surabaya, Palangka Raya, Samarinda, dan Jakarta. “Rata-rata barang yang dikirimkan oleh konsumen adalah produk pakaian, makanan, dan mainan. Sebagian lagi adalah perlengkapan olahraga, mainan, dan hobi,” urainya.
    Ditanyakan mengenai tarif kiriman, Wahab mengaku belum ada kenaikan. “Tarif kiriman barang berkisar mulai Rp17 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram. Semakin jauh tujuan pengiriman, maka semakin mahal pula tarifnya,” tandasnya.(oza)