BPK Temukan Segepok Uang Pasca Kebakaran di Gang Sulawesi

TERBAKAR - Kondisi segepok uang yang ditemukan
pasca kebakaran besar di Gang Sulawesi, baru-baru tadi.
BANJARMASIN - Anggota BPK (Barisan Pemadam Kebakaran) Banjarmasin menemukan segepok uang tunai dalam kondisi yang sudah terbakar pasca kejadian kebakaran besar yang terjadi di Gang Sulawesi, Rabu (8/10) malam. Uang yang nilainya mencapai puluhan juta rupiah tersebut tersusun dengan baik. Uang yang terdiri dari lembaran pecahan Rp100 ribu tersebut nampak gosong di beberapa sudutnya. Hingga kini pihak BPK masih belum mengetahui sang pemilik uang tersebut.
"Untuk menghindari adanya saling klaim diantara korban kebakaran, uang ini terpaksa kami amankan dulu. Kami akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengamankan uang ini," ungkap salah satu anggota BPK yang enggan menyebutkan nama usai bertugas memadamkan api di lokasi tersebut.
Dikatakan petugas BPK itu, uang tersebut diduga milik salah satu warga yang rumahnya ikut terbakar di Gang Sulawesi. "Kebetulan di sini kan banyak pedagang. Ada kemungkinan ini uang hasil dagangan atau uang hasil tabungan," paparnya.
Adanya temuan uang pasca kebakaran tersebut kemudian juga mengagetkan para pemilik smarthpone. Betapa tidak, beberapa saat setelah ditemukan, ada yang mengupload foto sekaligus mem-broadcastnya via aplikasi chatting BBM (Blackberry Messenger). Sontak, banyak masyarakat yang bertanya-tanya siapa sesungguhnya si pemilik segepok uang itu.  
Menanggapi hal ini, Harris selaku humas dari Bank Indonesia (BI) Wilayah Kalimantan berkomentar uang tersebut masih bisa ditukar dengan uang baru "Namun, tidak semuanya. Tergantung kondisi kondisi fisik uang. Kalau yang sudah hancur, tentunya tidak bisa ditukar dengan uang baru," paparnya.
Dikatakan Harris, BI memiliki tim khusus yang bertugas menyeleksi uang lusuh. "Jadi, saya sarankan, kalau sudah diketahui pemiliknya, segera bawa uang tersebut ke BI. Nanti akan diseleksi mana yang bisa ditukar dengan uang baru," tandasnya.(oza)