Hipmi Berbagi Ilmu Kewirausahaan

MOTIVASI MAHASISWA – Ketua Umum BPC Hipmi Kota Banjarmasin,
H Rahmatul Irfan memaparkan materi mengenai kewirausahaan dalam sebuah
workshop yang digelar di IAIN Antasari, kemarin (22/10).
BANJARMASIN – Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC Hipmi) Kota Banjarmasin semakin aktif dalam menyebarkan semangat kewirausahaan terhadap generasi muda.
Kemarin (22/10), Ketua Umum dan juga sejumlah pengurus inti Hipmi Kota Banjarmasin bertandang ke kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin. Mereka diundang oleh pihak kampus IAIN Antasari Banjarmasin untuk mengisi materi mengenai kewirausahaan dalam sebuah workshop kewirausahaan.
    Ketua Umum BPC Hipmi Kota Banjarmasin, H Rahmatul Irfan menuturkan merasa senang bisa kembali berbagi ilmu sekaligus pengalaman mengenai wirausaha kepada para mahasiswa. “Ini adalah untuk kesekian kalinya Hipmi Kota Banjarmasin diberi kepercayaan untuk membagi pengalaman berwirausaha di hadapan para mahasiswa. Bagi saya, kepercayaan ini menjadi sebuah apresiasi dari kalangan akademisi untuk Hipmi Kota Banjarmasin agar memotivasi para mahasiswa memiliki jiwa wirausaha,” ungkap Irfan kepada Radar Banjarmasin, kemarin (22/10).
    Dalam workshop tersebut, Irfan menekankan pentingnya sifat motivasi dan semangat dalam menjalankan usaha. “Risiko gagal itu sudah pasti. Namun, melalui kegagalan itulah kita bisa belajar untuk tidak mengulangi kesalahan. Sehingga bisa bangkit dan mampu menjalankan usaha dengan mandiri,” paparnya.
    Pengurus Hipmi Kota Banjarmasin lainnya yang juga didapuk menjadi pemateri dalam workshop tersebut, yakni Deddy Subiantoro memaparkan pentingnya membangun jaringan bisnis. “Membangun jaringan bisnis bisa dilakukan dengan silaturahmi dan memperbanyak teman. Karena, tanpa jaringan yang kuat, maka akan kesulitan dalam memasarkan produk atau jasa yang ingin kita tawarkan,” urainya.
    Sementara itu, perwakilan Tim Wirausaha IAIN Antasari Banjarmasin, Zainal Abidin menuturkan kegiatan workshop kewirausahaan ini dilaksanakan selama empat hari mulai Rabu (22/10) tadi. “Selain pemateri dari Himpi Kota Banjarmasin, kami juga menghadirkan pemateri dari kalangan pakar wirausaha dan pelaku usaha kecil. Diharapkan, dengan dilaksanakannya workshop ini, para mahasiswa IAIN menjadi semakin termotivasi untuk menjalankan usaha sendiri,” tandasnya.(oza)