Disbudparporapora Gencarkan Travel Mart

ANGKUT WISATAWAN – Subhan kala diwawacarai dengan latar belakang
kapal pesiar National Geographic Orion Star yang sandar di Dermaga Penumpang
Bandarmasih, Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, belum lama tadi.
BANJARMASIN – Program Travel Mart yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparporapora) Kota Banjarmasin beberapa bulan lalu ternyata membuahkan hasil. Perlahan namun pasti,
berkat program tersebut, jumlah wisatawan lokal dan mancanegara yang datang ke Banjarmasin mulai mengalami peningkatan.
    Untuk itu, Kepala Disbudparpora Kota Banjarmasin, Subhan Nor Yaumil menuturkan akan terus menggencarkan program Travel Mart. “Alhamdulillah, program Travel Mart yang kami gelar ternyata mampu memancing daya tarik wisatawan ke Kota Banjarmasin. Salah satu buktinya, beberapa waktu lalu Kota Banjarmasin kedatangan kapal pesiar National Geographic Orion Star,” ungkap Subhan.
    Subhan menceritakan para penumpang kapal pesiar tersebut merupakan warga negara asing. “Beberapa penumpang kapal pesiar tersebut mengetahui info mengenai objek-objek wisata yang ada di Banjarmasin melalui program Travel Mart. Usut punya usut, beberapa travel agent yang kami gaet untuk bergabung dalam program Travel Mart ternyata telah menyebarluaskan informasi wisata Kota Banjarmasin melalui internet dan media sosial, hingga menyebar ke luar negeri,” paparnya.
    Ke depan, Subhan menuturkan akan mengemas program Travel Mart secara lebih ekslusif. “Rencananya, untuk tahun depan Travel Mart tidak hanya merangkul para travel agent asal Banjarmasin, tapi juga bakal melibatkan sejumlah travel agent dari Pulau Jawa. Selain itu, bersama pihak travel agent, kami juga akan membuat paket-paket wisata di Banjarmasin. Sehingga, para wisatawan dapat lebih leluasa dalam memilih paket objek wisata yang ingin dikunjungi,” tuturnya.
    Adanya program Travel Mart mendapatkan dukungan dari para pelaku bisnis pariwisata di Banjarmasin, salah satunya adalah Hj Armistyani. “Program Travel Mart adalah terobosan yang sangat bagus untuk mempromosikan objek-objek wisata yang ada di Banjarmasin dan berpotensi meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin. Dengan demikian, secara ekonomi dan bisnis juga akan menciptakan peluang usaha bagi masyarakat dan juga pelaku bisnis pariwisata di Banjarmasin,” tandasnya.(oza)