APPSI Jalin Sinergisitas dengan Pemda

Winardhi Setiono
BANJARMASIN - Pemilik usaha reklame dan periklanan di Kalsel kini telah memiliki wadah organisasi sendiri, yakni Pengurus Daerah Asosiasi Pengusaha Periklanan Seluruh Indonesia (Pengda APPSI) Kalsel. Melalui organisasi tersebut, diharapkan para pemilik bisnis periklanan dan reklame dapat menjadi
lebih solid dan kuat. Selain itu, untuk menjalin kerjasama yang baik dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Pengda APPSI Kalsel kini juga sedang menjajaki komunikasi dan sinergisitas dengan para Kepala Daerah di Kalsel.
    Ketua Pengda APPSI Kalsel, Winardhi Setiono menuturkan kehadiran Pengda APPSI Kalsel bertujuan untuk membantu Pemda Kalsel dalam menata reklame. "Karena berkaitan dengan tata kota dan estetika sebuah daerah, reklame yang dipasang di sejumlah titik perlu ditata dengan baik. Inilah yang ingin kami fokuskan, yakni membenahi berbagai titik reklame, iklan, dan baliho yang ada di Kalsel supaya lebih teratur," ungkap Winardhi kala ditemui, kemarin (27/10).
    Winardhi menjelaskan keteraturan penataan reklame, tentunya juga akan membantu Pemda Kalsel dalam meraih Pendapatan ASli Daerah (PAD). "Setiap reklame yang dipasang, tentunya ada pajak reklame yang harus disetor kepada Pemda. Kalau keberadaan reklame simpang siur, pasti Pemda akan kesulitan dalam mendata pajak reklame. Dikhawatirkan, tanpa penataan yang baik maka akan berpotensi memunculkan reklame-reklame nakal. Ke depan, kami juga akan membantu Pemda untuk turut menertibkan reklame-reklame nakal," urainya.
    Di sisi lain, Winardhi menyatakan Pengda APPSI Kalsel siap menerima keluhan masyarakat terkait keberadaan reklame yang dinilai mengganggu ketertiban umum. "Apabila ada keluhan, kami siap menampung dan memediasi keluhan tersebut dengan pihak yang kompeten. Dengan demikian, bisa menjadi bahan edukasi kepada masyarakat dan juga pihak perusahaan reklame agar lebih memperhatikan ketertiban umum," terangnya.  
    Winardhi menceritakan hingga kini Pengda APPSI Kalsel menaungi sedikitnya 10 perusahaan jasa periklanan. "Kami mengimbau kepada sejumlah perusahaan periklanan agar bergabung menjadi anggota Pengda APPSI Kalsel. Karena, dengan bergabung dalam sebuah wadah organisasi, maka keberadaan perusahaan periklanan di Kalsel akan semakin kuat. Selain itu, dari segi bisnis juga banyak manfaat. Salah satunya adalah bisa saling berbagai informasi mengenai tender proyek periklanan dan memperluas jaringan bisnis," paparnya.(oza)