APBMI Gelar Diklat SDM PBM

RESMI DIBUKA - APBMI Kalselteng menyelenggarakan
pelatihan SDM PBM di Hotel Abria Barito mulai Senin (27/10)
hingga Jumat (31/10).
BANJARMASIN -  Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Kalselteng selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Perusahaan Bongkar Muat (PBM). Salah satunya adalah dengan menggelar kegiatan
Pendidikan dan Latihan (Diklat) Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Perusahaan Bongkar Muat (PBM) di Hotel Aria Barito Banjarmasin. Kegiatan ini resmi dibuka Senin (27/10) malam oleh Capt Indra Prayitno, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI.

    Ketua DPW APBMI Kalselteng, H Djumadri Masrun menuturkan kegiatan diklat tersebut dilaksanakan selama lima hari ke depan. “Diklat ini merupakan event nasional yang dilaksanakan oleh APBMI bersama dengan Kementerian Perhubungan RI. Sebagai Ketua APBMI Kalselteng, saya sangat bangga, karena Banjarmasin dipercaya menjadi tuan rumah event diklat nasional ini,” ungkap pria yang akrab disapa Pak Djum ini.

    Sebelumnya, kegiatan diklat serupa selalu dilaksanakan di Pulau Jawa. “Ini baru yang pertama kalinya dilaksanakan di Kalimantan. Alhamdulillah, diklat ini dihadiri oleh lebih dari 48 anggota APBMI dan PBM seluruh Indonesia,” urai Pak Djum.

    Adapun materi yang diberikan dalam diklat tersebut diantaranya adalah terkait profesionalisme tenaga kerja bongkar muat dan keselamatan kerja di lingkungan kepelabuhan. “Sebagaimana diketahui, profesionalisme wajib dijunjung tinggi dalam melakukan pekerjaan bongkar muat di pelabuhan. Nah, melalui diklat inilah para peserta akan diberikan edukasi secara intensif, sehingga dapat menjadi insan pekerja bongkar muat dan insan maritim yang profesional. Sertifikasi yang didapatkan dari diklat ini juga bisa menjadi bahan rekomendasi bahwa pekerja dan PBM di Indonesia punya kinerja dan kualitas,” paparnya.

    Sementara itu, Captain Indra Priyatna, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI menuturkan sangat mendukung kegiatan diklat tersebut. “Saya salut dengan program-program APBMI yang selalu mengedepankan kualitas para anggotanya. Mudah-mudahan, melalui kegiatan diklat ini, kinerja para pekerja bongkar muat dan PBM di Indonesia akan meningkat dan mampu bersaing dengan PBM asing,” tandasnya.(oza)