Untung Berkat Paket Buka Puasa

BANYAK PENGUNJUNG – Suasana buka puasa bersama di
sebuah rumah makan di Banjarmasin.
BANJARMASIN – Rumah makan dan restoran di Banjarmasin justru menuai keuntungan lebih banyak pada bulan Ramadan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengunjung rumah makan pada saat menjelang buka puasa. Tak ayal, walaupun sedang bulan puasa, pendapatan bisnis rumah makan malah semakin meningkat.
    Hal ini diakui oleh Rara, seorang supervisor di sebuah rumah makan di kawasan Jalan Veteran Banjarmasin. Menurut Rara, jumlah pengunjung rumah makan yang dikelolanya ustru melonjak tajam pada saat bulan Ramadan. “Di luar bulan Ramadan, dalam seminggu kira-kira jumlah pengunjung berkisar antara 50 orang hingga 100 orang. Tapi, kalau bulan Ramadan, setiap hari jumlah pengunjung mencapai 100 orang,” ungkap Rara kepada Radar Banjarmasin, belum lama tadi.
    Dikatakan Rara, para pengunjung selain merupakan konsumen perorangan juga konsumen koorporat dan rombongan. “Yang paling banyak buka puasa di sini adalah konsumen yang sifatnya romobongan. Misalnya, dengan mengajak serta anak-anak panti asuhan atau komunitas-komunitas yang jumlahnya mencapai puluhan orang,” paparnya.
    Karena peningkatan jumlah kunjungan tersebut, Rara menuturkan sudah mempersiapkan sejumlah paket menu hidangan berbuka puasa yang dapat dipilih sesuai selera. “Semua paket berbuka puasa sudah dilengkapi dengan takjil berupa kurma, minuman, dan es buah. Kisaran harganya adalah mulai Rp500 ribu per paket hingga Rp 5 juta per paket, tergantung menu yang dipesan dan kapasitas tamunya,” paparnya.
    Di sisi lain, datangnya bulan Ramadan juga menjadi momen untuk mengejar target omzet tahunan yang dicanangkan oleh sang pemilik rumah makan. “Justru pada saat bulan Ramadan inilah menjadi kesempatan bagi kami untuk menuai keuntungan sebanyak-banyaknya. Caranya dengan menawarkan berbagai promosi dan paket berbuka puasa kepada para konsumen. Baik secara langsung maupun dengan cara berpromosi di dunia maya,” tandasnya.(oza)