Maksimalkan Nilai Ekonomis Anggrek

MAKIN MAHAL – Anggrek Encyclea Cordigera Alba milik Amalia Rezeki sukses meraih gelar juara pertama di katagori best of species dalam lomba anggrek di Duta Mall Banjarmasin, Rabu (2/7).
BANJARMASIN – Budidaya anggrek di Kalsel cukup pesat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pusat penangkaran anggrek di sejumlah daerah di Kalsel. Belum lagi, hutan di Kalsel merupakan habitat anggrek yang paling subur untuk tumbuh dan berkembangnya berbagai varietas anggrek. Mulai dari anggrek biasa hingga anggrek langka tersedia di belantara Kalsel. Oleh karena itu, nilai ekonomis anggrek termasuk yang paling tinggi dalam bisnis tanaman hias.     Ketua Perkumpulan Anggrek Indonesia (PAI) Kalsel, Aida Muslimah Rosehan menuturkan nilai ekonomis bunga anggrek asal Kalsel sudah sangat terkenal baik di level nasional maupun internasional. “Di Kalsel sendiri ada dua jenis anggrek yang sangat dikenal. Yakni, jenis anggrek hybrid dan anggrek species alami. Kalau yang sering ada di penangkaran adalah jenis Katalia, Panda, dan anggrek bulan,” ungkap Aida di sela-sela acara Borneo Spectacular Expo di Duta Mall, kemarin (2/7).
    Aida menjelaskan dalam ajang Borneo Spectacular Expo ini, diperlombakan berbagai jenis anggrek yang nilainya berada di kisaran jutaan rupiah per jenis. “Anggrek yang menjadi pemenang dalam ajang ini, tentunya akan semakin terdongkrak pamor dan juga nilai jualnya. Tentunya, bagi yang bertujuan bisnis, membudidayakan anggrek adalah bisnis yang sangat menggiurkan,” sambungnya.
    Sementara itu, Manager Duta Mall Banjarmasin, Chairuddin Langkat menuturkan kegiatan Borneo Spectacula Expo ini merupakan rangkaian acara dari HUT Duta Mall Banjarmasin. “Kegiatan ini sangat positif. Karena, selain mempopulerkan anggrek, para pengunjung Duta Mall juga dapat mengetahui nilai ekonomi dari anggrek. Sehingga, semakin menumbuhkan minat masyarakat untuk membudidayakan anggrek,” katanya.
    Di sisi lain, salah satu peserta dalam lomba anggrek ini, Amalia Rezeki mengaku senang. “Alhamdulillah, walaupun baru pertama kali ikutan, anggrek saya sukses mendapatkan gelar juara pertama katagori best of species dan juara favorit. Mudah-mudahan, di masa mendatang lomba anggrek seperti ini akan kembali digelar secara rutin,” kata pemilik anggrek jenis Encyclea Cordigera Alba dan Dendrobium Anosmum Gigantea itu.(oza)