Blewah Ramaikan Pilihan Buah Khas Ramadan

SEGAR – Blewah menjadi salah satu buah khas yang ramai
dijual pada saat bulan Ramadan.
BANJARMASIN - Blewah sepertinya melengkapi jenis buah-buahan khas yang dijual pada saat bulan Ramadan. Karena kebetulan buah blewah bertepatan pada masa panen di saat bulan Ramadan ini. Buah berbentuk seperti labu ini juga memiliki rasa khas dan sangat sedap untuk disantap pada saat buka puasa.
Daging buah yang lembut dan aroma yang tak kalah harum dengan ketimun suri ini ternyata banyak disukai konsumen. Karena masih didatangkan dari Jawa, harga blewah masih terbilang mahal.
"Buah blewah ini baru datang dari Surabaya. Harganya sama dengan buah melon, Rp15 ribu per kilogram. Buah blewah ini menjadi pilihan lain pembeli, selain ketimun suri," sebut Adi, pedagang buah di Banjarmasin.
Menurut Adi, antusias konsumen membeli buah blewah cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya buah blewah yang berhasil dijualnya kepada para pembeli.
"Yang pasti, setiap saya menjual blewah, selalu habis dibeli konsumen. Makanya meski harganya lebih mahal dari ketimun suri, saya tetap berani menjual blewah, karena cukup laris dan selalu habis terjual," jelasnya.
Selain itu, tambah Adi, blewah juga terbilang buah unik, karena hanya subur di daerah Jawa. Blewah juga sering muncul di saat bulan puasa, meski terkadang di bulan lain juga ada.
Disamping blewah, buah khas bulan puasa lainnya juga ramai dibeli konsumen. Sebut saja seperti ketimun suri, kelapa muda, dan kurma. Ketimun suri dijual pedagang rata-rata Rp6 ribu per kilogram. Sedang kelapa muda Rp7 ribuan per biji. Untuk kurma harganya bervariasi.(oza)