Trafik Data Diprediksi Meningkat

BANJARMASIN – Maraknya penggunaan ponsel cerdas (smartphone) di Kalsel, tak bisa dipungkiri juga membuat operator seluler bekerja keras untuk memperbaiki kualitas jaringannya. Betapa tidak, dengan jaringan komunikasi yang kuat dan cepat, tentunya akan semakin memperlancar aktivitas komunikasi para pelanggannya. Terlebih, komunikasi suara dan pesan singkat kini juga semakin bergeser digantikan komunikasi via layanan data.
    Untuk itu, perusahaan penyedia layanan seluler di Kalsel semakin aktif untuk memperbaiki dan meningkatkan kekuatan jaringan sinyal komunikasi. Seperti yang dilakukan oleh PT XL Axiata. XL kini menjadi sala satu perusahaan penyedia layanan seluler yang paling gencar mempromosikan paket komunikasi data. “Apalagi ini sudah mau memasuki bulan Ramadan. XL juga harus siap-siap memberikan kualitas layanan komunikasi terbaik bagi para pelanggannya, terutama layanan data,” ungkap Coorporate Communication XL, Meliyana Bory.
    Wanita yang akrab disapa Mely ini menuturkan, khusus untuk mengantisipasi tingginya trafik komunikasi tersebut, pihaknya telah melakukan uji sinyal di Pulau Jawa. “Sejauh ini, performa kekuatan sinyal di Pulau Jawa dalam kondisi prima dan baik. Sebagian besar pelanggan memang menggunakan jaringan seluler XL untuk mengakses layanan data dan internet,” paparnya.
    Namun, Mely belum memastikan apakah uji sinyal tersebut juga akan dilaksanakan di Pulau Kalimantan, khususnya di Kalsel. “Untuk saat ini masih belum ada arahan untuk melaksanakan uji sinyal di Kalsel. Tapi, kami menjamin kekuatan sinyal XL di Kalsel tidak kalah kuat dengan yang di Pulau Jawa. Sehingga, komunikasi para pelanggan XL dijamin tetap lancar,” jaminnya.
    Di sisi lain, Mely menambahkan biasanya peningkatan trafik komunikasi layanan data, suara, dan pesan singkat selama bulan Ramadan kerap terjadi di malam hari. “Ini dikarenakan pada bulan Ramadan, banyak yang bangun tengah malah untuk makan sahur. Nah, pada saat itulah banyak pelanggan XL yang melakukan aktivitas komunikasi melalui telepon, SMS, dan mengakses layanan data dan internet,” tandasnya.(oza)